Medco E&P Natuna: Tumbuh Bersama Masyarakat di Sekitar Wilayah Operasi

Medco E&P Natuna Ltd. (MEPN) adalah salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Minyak dan Gas (migas) Indonesia

Medco E&P Natuna: Tumbuh Bersama Masyarakat di Sekitar Wilayah Operasi
ISTIMEWA
Para siswa SDN 003 Tarempa, sekolah Adiwiyata berwawasan lingkungan, sedang mengerjakan proyek daur ulang 

TRIBUNBATAM.id - Medco E&P Natuna Ltd. (MEPN) adalah salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Minyak dan Gas (migas) Indonesia yang mengelola wilayah kerja South Natuna Sea Block B di Laut Natuna, Kepulauan Riau.

Dalam beroperasi, MEPN turut mendorong percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasi, khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dan Kabupaten Kepulauan Natuna.

Program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh MEPN di bawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah bagian dari strategi dukungan bisnis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat menuju tahap kemandirian ekonomi melalui peningkatan kapasitas pendidikan, pemberdayaan ekonomi, infrastruktur, dan sosial.

Ibu Sarinah, salah satu penerima manfaat program Sentra Olahan “Kampung Bilis”, yang berasal dari Desa Piabung
Ibu Sarinah, salah satu penerima manfaat program Sentra Olahan “Kampung Bilis”, yang berasal dari Desa Piabung (ISTIMEWA)

Pengembangan program pendidikan baik di jalur formal maupun nonformal bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di KKA dan sudah berlangsung sejak tahun 1999.

Sampai dengan tahun 2018, MEPN telah menggulirkan bantuan pendidikan kepada lebih dari 2.680 siswa dari berbagai jenjang pendidikan.

Untuk tahun ajaran 2017-2018, beasiswa diberikan kepada 39 mahasiswa/i jurusan kedokteran, bidang studi umum dan pariwisata.

Di samping itu, MEPN juga memiliki program pendidikan Sekolah Adiwiyata yang ditujukan untuk membangun sistem sekolah yang  berwawasan lingkungan dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas.

Tiga dari sekolah yang dibina berhasil  endapatkan penghargaan Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup tingkat propinsi.

Dalam bidang pemberdayaan ekonomi, MEPN membidani program ekonomi kerakyatan yang berbasis kelautan sesuai dengan potensi lokal.

Program jangka panjang Balai Budi Daya Ikan (BBI) diinisiasi sejak tahun 2007 dan mencakup kegiatan  peningkatan keterampilan budi daya dari teknis pemeliharaan benih, pendederan dan pembesaran, sampai manajemen usaha kelompok.

Halaman
123
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help