PM Mahathir Akan Jual Kapal Pesiar Mewah Sitaan dari Skandal 1MDB yang Ditangkap di Indonesia

Dari penyelidikan AS, kapal itu dibeli dari uang 1MDB dan ada dokumennya. Jadi, kapal itu milik kita. Kita akan jual kapal itu

PM Mahathir Akan Jual Kapal Pesiar Mewah Sitaan dari Skandal 1MDB yang Ditangkap di Indonesia
Berita Harian
Perdana menteri mahathir Mohamad melihat kapal pesiar mewah Equanimity milik Jho Low yang diduga dibeli dari uang skandal 1MDB 

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad didampingi Menteri Keuangan Lim Guan Eng naik ke kapal pesiar mewah Equanimity milik pengusaha Jho Low, Minggu (12/8/2018).

Kapal tersebut ditangkap di perairan Bali, Indonesia, Februari lalu, atas permintaan Departemen Kehakiman A,merika Serikat, karena merupakan barang bukti dugaan pencucian uang hasil skandal 1MDB (1 Malaysia Development Berhad).

Pada April lalu, pengadilan Indonesia memutuskan, kapal tersebut tidak bisa disita oleh Indonesia karena kasusnya tidak terkait dengan Indonesia.

Pengadilan memutuskan untuk mengembalikan kapal itu kepada pemiliknya di Malaysia.

Pada Bulan Juli lalu, kapal itu kemudian dideportasi ke Malaysia, dan langsung ditahan oleh Malaysia untuk proses penyelidikan.

Kapal mewah itu saat ini ditambatkan di Pelabuhan Klang, Malaysia.

Kapal itu diketahui milik pengusaha Low Taek Jho alias Jho Low, pengusaha yang hingga saat ini masih buron, terkait skandal 1MDB yang menjerat mantan Perdana Menteri Najib Razak dan kroninya.

Dari hasil penyelidikan AS, kapal itu salah satu barang bukti hasil pencucuian uang Jho Low karena dibeli dari dana ilegal 1MDB.

Kapal pesiar mewah itu harganya diperkirakan AS$1,7 juta atau sekitar Rp 23,8 miliar.

Mahathir mengatakan, pihaknya berencana menjual kapal tersebut sehingga uangnya bisa dikembalikan ke negara.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help