Sebanyak 692 Caleg Sementara Sudah Diumumkan, KPU Kota Batam Minta Masyarakat Beri Tanggapan

KPU Kota Batam meminta tanggapan masyarakat terhadap 692 nama bakal calon legislatif (bacaleg) masuk dalam daftar caleg sementara.

Sebanyak 692 Caleg Sementara Sudah Diumumkan, KPU Kota Batam Minta Masyarakat Beri Tanggapan
TRIBUNBATAM/DEWANGGA
Pengumuman Daftar Caleg Sementara di KPU Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam meminta tanggapan masyarakat terhadap 692 nama bakal calon legislatif (bacaleg) yang lolos verifikasi administrasi yang masuk dalam daftar caleg sementara.

Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan mengatakan pihaknya sudah mengumumkan nama-nama tersebut di media massa sesuai jadwal, 12 Agustus lalu.

“Ke partai politik juga sudah disampaikan untuk disetujui atau disepakati, untuk selanjutnya diumumkan ke masyarakat luas,” kata Zaki, Senin (13/8/2018).

KPU meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait caleg DPRD Kota Batam tersebut. Tanggapannya mungkin sudah meninggal dunia, pernah dipidana, atau terkait moral, dan sebagainya.

“Tanggapan dari masyarakat ini lalu kita klarifikasi kepada calon melalui partai politik (parpol),” tuturnya.

KPU sendiri kata Zaki menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat hingga 21 Agustus mendatang.

Selanjutnya pada 22 sampai 28 Agustus merupakan jadwal klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) tersebut.

Klarifikasi parpol disampaikan pada 29-31 Agustus. Dan pada 1 sampai 3 September, jadwal pemberitahuan pengganti DCS.

Berikutnya pengajuan penggantian bakal calon pada 4 - 10 September, dilanjutkan verifikasi pengganti DCS 11-13 September.

“Setelah itu baru penyusunan dan penetapan daftar calon tetap (DCT), 14-20 September. Dan pengumuman DCT pada 21-23 September,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Danang Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved