Bencana Alam Lombok - Alumni Lemhannas PPSA XXI Serukan Tingkatkan Solidaritas Bangsa Indonesia

IKAL PPSA XXI, menyerahkan bantuan untuk bencana gempa Lombok di Mataram, Senin (13/8/2018) untuk lima kecamatan dengan nilai Rp 151 juta

Bencana Alam Lombok - Alumni Lemhannas PPSA XXI Serukan Tingkatkan Solidaritas Bangsa Indonesia
ISTIMEWA
Anggota IKAL PPSA XXI, Lili Pintauli Siregar, yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berfoto di depan truk bantuan gempa untuk pengungsi gempa Lombok. 

TRIBUNBATAM.id, MATARAM - Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) PPSA XXI menyerukan masyarakat Indonesia tingkatkan rasa solidaritas bangsa terutama penanganan paska-bencana baik bagi penduduk yang terkena dampak ataupun sarana fisik seperti perumahan, fasum dan fasos.

Rasa solidaritas yang tinggi diyakini akan mempercepat normalisasi kehidupan masyarakat di sekitar bencana terkait dengan penanganan dan penyelesaian pasca bencana alam.

Demikian disampaikan Ketua IKAL PPSA XXI, Komjen Pol (Pur) Arif Wachjunadi setelah menyerahkan bantuan bencana gempa Lombok di Mataram, Senin (13/8/2018).

Foto bersama Rombongan IKAL PPSA XXI yang dipimpin Komjen Pol (Pur) Arif Wachjunadi  (nomor 4 dari kanan) di posko bencana di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.
Foto bersama Rombongan IKAL PPSA XXI yang dipimpin Komjen Pol (Pur) Arif Wachjunadi (nomor 4 dari kanan) di posko bencana di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. (ISTIMEWA)

Baca: Wisatawan tak Perlu Cemas Berwisata ke Bali dan Lombok Selatan karena Aman

Baca: PDIP Sebut, Ada Menteri Bukan dari Partai Pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Siapa yang Dimaksud?

Baca: Sampai Pagi Ini Tercatat 447 Gempa Susulan di Lombok

Ikut mendamping Arif Wachjunadi adalah pengurus IKAL PPSA XXI lainnya, Lilin Pintauli, Lina SE, AM Putut Prabantoro dan Tuan Guru Udin yang sehari-hari adalah pengasuh pondok pesantren, Ishlaah Al-Ummah, Batu Mulik Gapung Gerung Lombok Barat.

Bantuan didistribusikan untuk lima kecamatan yaitu Kecamatan Pemenang, Kecamatan Bayan, Kecamatan Tanjung, Kecamatan Gangga dan Kecamatan Kayangan dengan jumlah keseluruhan sebersar Rp 151 juta.

Dalam penyaluran bantuan bencana itu, tim distribusi didampingi Kompol Dwi Sumrahadi, AKP Johansyah dan Bripda Satria Rozi Pradana.

Menurut Arif Wachjunadi, perlu ditingkatkan rasa solidaritas masyarakat Indonesia terutama terkait dengan akan terjadinya berbagai bencana alam, yang telah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengingat Indonesia berada pada lokasi lingkaran api (ring of fire) Pasifik.

Anggota IKAL PPSA XXI, Lili Pintauli Siregar, yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berfoto di depan truk bantuan gempa  untuk pengungsi gempa Lombok.
Anggota IKAL PPSA XXI, Lili Pintauli Siregar, yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berfoto di depan truk bantuan gempa untuk pengungsi gempa Lombok. (ISTIMEWA)

Perlu diusulkan kepada pemerintah untuk dibentuk seperti lembaga solidaritas nasional terutama terkait dengan bencana alam agar pemulihan ekonomi dan kehidupan masyarakat di sekitar bencana dapat cepat.

Seruan ini terkait dengan kunjungan IKAL PPSA XXI ke posko bencana di daerah Pemenang, Lombok Utara.

Sepanjang jalan terutama dari Senggigi ke Pemenang tidak ada kehidupan karena hampir seluruh bangunan luluh lantak oleh gempa

Halaman
12
Tags
IKAL
Lombok
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved