Permudah Warga Buat Paspor, Petugas Imigrasi Belakang Padang Turun ke Pulau Terong

Dengan adanya layanan paspor mobile ini, masyarakat Pulau Terong tidak perlu lagi harus menyeberang ke Belakang Padang mengurus paspor

Permudah Warga Buat Paspor, Petugas Imigrasi Belakang Padang Turun ke Pulau Terong
tribunbatam/zabur anjasfianto
Petugas Kantor Imigrasi Belakang Padang saat mengambil foto warga untuk paspor dalam program Mobile Unit Pelayanan Paspor di Aula Kelurahan Pulau Terong, Selasa (14/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menyambut Hari Kemerkaan ke 73, Pegawai Kantor Imigrasi Klas II Belakangpadang kembali mendatangi Pulau Terong memberi kemudahaan bagi warga untuk membuat paspor, Selasa (14/8/2018).

Dalam Pelayanan Paspor Merdeka, pegawai Kantor Imigarasi Belakang Padang, langsung melakukan proses administrasi hingga foto untuk permohonan paspor.

"Dengan adanya layanan paspor mobile, sempena memperingati HUT RI ke-73, masyarakat Pulau Terong tidak perlu lagi harus menyeberang ke Belakang Padang mengurus paspor. Cukup kami saja yang turun ke tempat masyarakat," kata Harry Setiawan, Kepala Sub Seksi Infromasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang, Selasa (14/8/2018).

Baca: Dampak Penggalian Pasir Ilegal, Debit Air di Dam Tembesi Berkurang

Baca: Video Detik-detik Jembatan Ambruk Timpa Sejumlah Mobil di Italia, 30 Orang Tewas

Baca: RESPEK! Warga Palestina Tetap Senang Jika Timnas U23 Indonesia Kalahkan Palestina, Mereka Saudara

Harry mengatakan ada 15 orang yang mengajukan permohonan pembuatan paspor. Dua orang diantaranya di tolak sistem dan tidak bisa melanjutkan proses permohonan paspor karena diduga TKI. Selanjutnya, empat orang berhalangan hadir dalam prosis pengisisan from, foto dan sidik jari serta wawancara.

"Jadi ada dua orang yang ditolak sistem karena diduga TKI. Alasan ditolak, karena menyalahi ketentuan dengan menggunakan paspor kunjungan untuk berkeja. Untuk itu langsung ditolak, dan jika ingin berkerka ke luar negeri, hendaknya mengiuti prosedur yang sudah ditetapkan pemerintah," katanya.

Di tempat yang sama, Heru Kepala Sub Seksi Lalulintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang menambahkan dengan adanya layanan paspor mobile tersebut, warga Pulau Terong yang akan mengurus paspor cukup mempersiapkan, fotokopi KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah atau akte nikah, atau paspor lama.

"Semua proses permohonan paspor mulai dari verfikasi berkas administrasi, sidik jari, foto dan wawancara langsung dilakukan di tempat. Kita menumpang di Aula Kantor Kelurahan Pulau Terong untuk melaksanakan kegiatan jemput bola permohonan paspor," katanya.

Dia mengatakan, program layanan paspor online ini tidak hanya dilakukan di Pulau Terong saja, namun juga di pulau lain yang masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Belakang Padang. (bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved