CATAT! Ini 5 Bank yang Rentan Terimbas Krisis Turki

Krisis mata uang Turki menimbulkan ancaman bagi bank-bank Eropa yang memiliki eksposur bisnis di negara tersebut. Bank apa saja?

CATAT! Ini 5 Bank yang Rentan Terimbas Krisis Turki
TRIBUNBATAM/KONTAN
Lira Turki 

TRIBUNBATAM.id, MILAN - Belakangan ini, krisis mata uang Turki menjadi pembicaraan hangat dan mulai menimbulkan ancaman bagi bank-bank Eropa yang memiliki eksposur bisnis di negara tersebut.

Kurs lira yang jatuh bakal menekan kinerja bank-bank tersebut.

Mengutip Reuters, di antara bank-bank Eropa, ada lima bank yang paling rentan terpapar saat mata uang Turki jatuh bebas.  

Kelima bank tersebut yakni  BBVA (Spanyol), UniCredit (Italia), BNP Paribas dari Prancis, bank asal Belanda ING, serta HSBC, bank dari Inggris.

IHSG masih rentan turun
Analis melihat dalam skenario terburuk yang mereka anggap tidak mungkin untuk saat ini, bank-bank tersebut akan terpaksa menghapus sepenuhnya operasi lokal mereka atau keluar dari Turki

Tetapi masalah Turki telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor bahwa gejolak pasar keuangan bakal menyebar ke negara-negara berkembang lain atau bahkan ke Italia, yang sedang menghadapi keputusan kunci atas anggaran dan peringkat kredit.

Berikut ringkasan dari eksposur lima bank di Turki dan perkiraan analis soal kemungkinan dampak krisis Turki seperti dlaporkan Reuters:

BBVA
Lembaga keuangan asal Spanyol ini menguasai 49,9% saham di bank Turki, Garanti Bank, setelah menaikkan kepemilikannya pada Februari tahun lalu. 

Garanti Bank  memiliki nilai buku € 4,4 miliar atau setara US$ 5 miliar untuk BBVA, dan memiliki aset senilai US$ 84 miliar per 30 Juni 2018

Baca: Gaji Tak Dibayar, Pekerja Hancurkan Rumah Milik Pengembang Pakai Traktor

Baca: Kini, Bank bjb Hadir di Tanjungpinang

Baca: Ditinggal Pacar Menikah, Pria Ini Tikam Adiknya Hingga Tewas

Garanti Bank menyumbang sekitar 13% laba grup BBVA. Deutsche Bank memperkirakan dari skenario paling buruk krisis Turki,  akan menghapus sekitar 12% ekuitas grup BBVA.

Halaman
1234
Tags
Bank
Turki
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help