Pembunuhan Abang Tiri Pemimpin Korut

Siti Aisyah, Terdakwa Pembunuhan Kim Jong-nam, Abang Tiri Pemimpin Korut, Divonis Besok Pagi

Siti Aisyah dan Doan Thi Huong (29) dituduh membunuh Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA 2) pada 13 Februari 2017 pagi

Siti Aisyah, Terdakwa Pembunuhan Kim Jong-nam, Abang Tiri Pemimpin Korut, Divonis Besok Pagi
AFP
Siti Aisyah, WNI tersangka pembunuhan Kim Jong-Nam, saudara tiri Kim Jong-un 

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, dua terdakwa kasus pembunuhan Kim Chol alias Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, akan divonis Pengadilan Tinggi Malaysia, Kamis (16/8/2018) besok.

Siti Aisyah (26) adalah warga negara Indonesia sedangkan Doan Thi Huong (29) adalah warga negara Vietnam, dituntut hukuman mati karena membunuh Kim Jong-nam menggunakan racun syaraf VX.

Siti Aisyah dan Doan Thi Huong (29) melakukan pembunuhan di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA 2) pada 13 Februari 2017, pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Ke dua wanita itu terekam di CCTV bandara, namun mereka diduga menjadi korban mata-mata empat intelijen Korea Utara yang hingga saat ini tidak berhasil ditangkap kepolisian Malaysia.

Hakim yang mempimpin persidangan tersebut, Datuk Azmi Ariffin, akan membacakan vonis terhadap Siti Aisyah setelah mendengar dan meneliti keterangan 34 saksi dan meneliti 236 barang bukti di Pengadilan Tinggi Malaysia, sejak 2 Oktober tahun lalu.

Ke dua terdakwa awalnya di sidang di pengadilan negeri Sepang, namun kemudian diambil-alih oleh Pengadilan Tinggi Shah Alam.

Siti Aisyah mendapat pembelaan dari pengacara Gooi Soon Seng sedangkan Thi Huong menggunakan pengacara Hisyam Teh Poh Teik.

Dalam pembelaannya, Siti Aisyah dan Thi Huang mengaku tidak tahu jika cairan yang dioleskan ke wajah korban adalah racun karena ia hanya diminta untuk melakukan adegan prank untuk acara televisi. 

King Jong-nam yang selama ini hidup berpindah-pindah berada di Malaysia  sejak 6 Februari, sebelum dibunuh ketika hendak berangkat ke Macau, seminggu kemudian.

Kim Jong Nam dan adik tirinya, Pemimpin Koera Utara  Kim Jong Un
Kim Jong Nam dan adik tirinya, Pemimpin Koera Utara Kim Jong Un ()

KMim Jong-nam adalah anak sulung bekas pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, dan selama ini hidup dalam pelarian setelah terlibat konflik dengan ayahnya.

kasus pembunuhan ini sempat menimbulkan ketegangan antara Malaysia dan Korea Utara dengan melarang warga negara masing-masing untuk melakukan perjalanan serta menarik duta besar kedua negara.

Hanya saja, kepolisian Malaysia gagal menangkap empat tersangka WN Korea Utara yang diduga menjadi otak pembunuhan itu. 

Bahkan, satu tersangka bersembunti di Kedubes Korea Utara, Kuala Lumpur, sehari setelah pembunuhan, sementara tiga lainnya berhasil melarikan diri ke luar negeri, di hari yang sama setelah pembunuhan itu.

Foto terbaru Kim Jong Nam saat masih hidup di klinik Bandara KLIA2 serta empat pria Korut yang buron
Foto terbaru Kim Jong Nam saat masih hidup di klinik Bandara KLIA2 serta empat pria Korut yang buron (The Straits Times)
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved