Pembunuhan Abang Tiri Pemimpin Korut

Sebelum Vonis Pembunuhan Kim Jong-Nam, Siti Aisyah Diminta Sampaikan Pembelaan Diri Terakhir

Hakim Azmi Ariffin memintaq Siti Aisyah dan Doan Thi Huang membela diri setelah jaksa dianggap berhasil membuktikan prima facie

Sebelum Vonis Pembunuhan Kim Jong-Nam, Siti Aisyah Diminta Sampaikan Pembelaan Diri Terakhir
BERITA HARIAN
Doan Thi Huang (kiri) ddan Siti Aisyah, terdakwa pembunuhan Kim Jong-Nam, digiring ke ruang sidang Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, Kamis (16/8/2018). Mereka diberikan kesempatan 

TRIBUNBATAM,id, SHAH ALAM - Dua terdakwa pembunuh Kim Jong-Nam, Siti Aisyah dan Doan Thi Huong dipanggil oleh Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, Kamis (16/8/2018).

Siti Aisyah, warga Indonesia asal Serang, Banten, serta Doan Thi Huong diminta untuk membela diri atas kasus pembunuhan yang menjeratnya, membunuh Kim Jong-Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

Siti Aisyah dan Thi Huang tiba di Kompleks pengadilan Shah Alam sekitar pukul 8.20 pagi waktu setempat, dengan pengawalan ketat polisi dan petugas kejaksaan.

Hakim Datuk Azmi Ariffin membuat keputusan tersebut setelah jaksa dianggap berhasil membuktikan prima facie di akhir pendakwaan.

Baca: Siti Aisyah, Terdakwa Pembunuhan Kim Jong-nam, Abang Tiri Pemimpin Korut, Divonis Besok Pagi

Baca: 8 Fakta Siti Aisyah yang Terancam Hukuman Mati di Malaysia Karena Membunuh Kim Jong-nam

Baca: Kisah Siti Aisyah Jadi Tumbal Pembunuhan Kim Jong-Nam dan Teledornya Polisi Malaysia

Prima facie digunakan oleh hukum Inggris yang menunjukkan bahawa pada pemeriksaan yang pertama, satu perkara sudah memperlihatkan buktinya sendiri atas fakta hukum yang terjadi.

Di hukum common law, prima facie menandakan bukti sudah cukup diambil keputusan oleh hakim, kecuali jika ada bukti lain yang mematahkan bukti tersebut.

Prima facie berasal dari Bahasa Latin yang berarti "kemunculan pertama (on its first appearance)", atau "contoh pertama (by first instance)".

Dilansir Berita Harian, ke dua terdakwa menyampaikan pembelaan diri selama 40 menit.

Siti Aisyah (26) dan Thi Huong (29) didakwa bersama empat orang lainnya yang masih buron, membunuh Kim Chol alias Kim Jong-Nam (45) di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) pada 13 Februari 2017.

Sedangkan empat buron lainnya, warga Korea Utara saat ini diperkirakan sudah kabur ke negaranya.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved