ASN

Tahun Depan, Gaji Pokok ASN dan Pensiunan Naik. Segini Besarannya

Tahun depan pemerintah memutuskan akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara, serta para pensiunan.

Tahun Depan, Gaji Pokok ASN dan Pensiunan Naik. Segini Besarannya
Dok. HaloMoney.co.id
Ilustrasi uang gajian 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Kabar baik buat aparatur negara dan para pensiunan. Tahun depan pemerintah memutuskan akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara, serta para pensiunan sebesar rata-rata 5%.

Kenaikan gaji itu demi peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih, dan terjaga kesejahteraannya.

"Melanjutkan kebijakan penggajian yang telah dilakukan tahun 2018, pada tahun 2019 pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara, serta para pensiunan sebesar rata-rata 5%," kata Presiden Joko Wododo saat membacakan pidato nota keuangan 2019 di Gedung DPR/MPR, Kamis (16/8/2018).

Baca: WOW, Selama 7 Bulan Sudah 1.141 Pasangan Suami Istri di Batam Ajukan Cerai

Baca: Beginilah Detik-detik Menjelang Tenggelamnya KMP Bandeng di Halmahera Utara

Baca: Jika Aturan Ini Keluar, Kredit Mobil Atau Motor Bisa DP Nol Persen

Tak hanya itu, pemerintah juga berupaya memperbaiki birokrasi kinerja birokrasi melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Seperti e-procurement, satu data dan satu peta, serta penguatan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas layanan publik melalui mal pelayanan publik.

"Hal itu telah meningkatkan peringkat Government Effectiveness Index Indonesia, dari peringkat 103 pada tahun 2015 menjadi peringkat 86 pada tahun 2016 atau naik 17 peringkat," tambah Jokowi.

Sekadar tahu saja, pelaksanaan reformasi itu dilakukan di 86 kementerian/lembaga untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik, mudah, cepat, dan transparan, disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik. (*)

*Artikel ini juga tayang di Kontan.co.id dengan judul : Tahun depan, gaji pokok aparatur negara naik 5%

Tags
ASN
gaji
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved