Bintan Terkini

Kibarkan Bendera di Bawah Laut, Bhabintimbas Ini Kenalkan Terumbu Karang Mapur

perkenalkan keindahan terumbu karang Pulau Mapur Bintan dengan cara mengibarkan merah putih di dasar laut

Kibarkan Bendera di Bawah Laut, Bhabintimbas Ini Kenalkan Terumbu Karang Mapur
TRIBUNBATAM/AMINNUDIN
Brigadir M Kurniawan, dan Briptu M Ferly, dua Bhabintimbas di Kecamatan Bintan Pesisir mengimbarkan bendera merah putih di dasar laut, Jumat (17/8/2018) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Beragam cara dilakukan untuk menyemarakkan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI) di Bintan. Ada yang menggelar upacara detik-detik proklamasi di atas perbukitan.

Ada yang menggelar upacara HUT RI di lapangan sepakbola. Dan yang tak kalah keren, mengibarkan merah putih di dasar laut.

Adalah Brigadir M Kurniawan, dan Briptu M Ferly, dua Bhabintimbas di Kecamatan Bintan Pesisir yang memilih bawah laut sebagai cara lain menunjukan rasa bangga terhadap HUT RI.

Mereka sempat mengunggah aksi mereka di media sosial. Sejumlah komentar dan cuitan bermunculan memberikan pujian atas keberanian mereka.

Bangga? Itu sudah pasti. Tapi eits, tunggu dulu! Bukan itu tujuan duo bhabintibmas ini mengunggah aksi mereka ke medsos. Ada misi lain.

"Kami ingin mengabarkan bahwa di sini di Mapur, ada hal lain yang lebih dari sekedar keindahan," kata Brigadir M Kurniawan, Jumat (17/8/2018).

Salah satunya keberadaan terumbu karang yang menghiasi alam bawah laut Mapur.

Tentang pulau Mapur sendiri perlu dijelaskan. Pulau ini merupakan rangkaian pulau di Kecamatan Bintan Pesisir. Mapur masuk dalam daftar pulau terdepan dalam beranda NKRI. Bisa ditempu dari Kijang dengan menumpang kapal yang ada.

Mapur menawarkan pot spot penyelaman terbaik di Kepri dengan karang lautnya yang indah. Pasir pantainya yang seputih kapas. Alam bawah lautnya pun tak kalah eksotik. Ada terumbu karang yang belakangan ini terus dihidupkan.

Maka bukan secara kebetulan kalau duo bhabintibmas M Kurniawan dan Ferly menjaidkan laut Mapur sebagai tempat merah putih dikibarkan. Simak kata mereka.

"Mapur itu pertama merupakan pulau terdepan dalam beranda NKRI. Sebagai bhabinkantibmas di pulau terdepan, kami berkewajiban menjaganya. Kedua, sengaja kami pilih Mapur juga karena lautnya memiliki terumbu karang. Kami ingin memperkenalkan terumbu karang tersebut biar banyak yang kenal,"kata M Kurniawan.

Lebih dari pada itu kata M Kurniawan aksi mereka dilakukan agar terumbu karang yang ada dijaga dan dirawat. Terumbu karang merupakan keanekaragaman hayati yang perlu dijaga.

"Sayang kan kalau terumbu karang di tempat yang luar biasa ini mati dan rusak. Maka kami mengajak untuk bersama sama memeliharanya dan merawatnya,"kata M Kurniawan. (min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved