Batam Terkini

Peringati HUT RI, Imigrasi Belakangpadang Beri Kejutan ke ABK Kapal Asing

Imigrasi Belakang Padang punya cara tersendiri untuk merayakan HUT RI ke 73 bersama kru kapal asing yang berlabuh di perbatasan Indonesia

Peringati HUT RI, Imigrasi Belakangpadang Beri Kejutan ke ABK Kapal Asing
TRIBUNBATAM/ZABUR
Warsono, Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi kelaa II Belakang Padang, menyerahkan kado ulang tahun kepada Pulkit Kurana ABK MV Aquamarine Progres dalam memperingati HUT RI ke 73, di perairan Nipah, Jumat (17/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Nakoda dan ABK (anak buah kapal) MV Senna berbendera Thaliand dan MV Aquamarine Progres berbedera Singapura, sempat binggung saat petugas Kantor Imigrasi kelas II Belakangpadang menaiki kapal mereka yang berlabuh di peraiaran Pulau Nipah, Jumat (17/8/2018).

Petugas Imigrasi itu langsung meminta semua paspor kru kapal serta dokumen asli. Nakhoda pun sibuk menyuruh ABK untuk mengambil semua paspor dan surat-surat yang berkaitan dengan pelayaran serta lainnya.

"Mohon ditunjukan semua paspor kru dan nakhoda. Begitu juga dengan surat-surat kapal ini," kata Ardhilest petugas Imigrasi saat itu.

Baca: Tak Cuma Indonesia, Hari Kemerdekaan 17 Agustus Juga Dirayakan Negara Ini

Baca: VIDEO. Begini Keseruan Lomba Agustusan di Pelabuhan Batam Centre

Baca: Di Depan Titik Soeharto, Prabowo Terima Penghargaan The Star of Soekarno

Nakhoda MV Senna itu pun sempat menyampaikan bahwa dokumen mereka semua lengkap termasuk izin berlabuh di periarian Indonesia. Dia pun langsung menyerahkan semua paspor dan kru list kepada petugas Imigrasi.

Susana di dalam kapal itu sempat tegang saat petugas Imigrasi memeriksa satu persatu paspor kru. Apalagi, setelah mendapatkan data kru kapal yang lahir tepat pada 17 Agustus, Nakhoda kapal itu pun dibuat bingung, karena dianggap ada kesalahan kepada anak buahnya itu.

"Ini orangnya yang lahir pada 17 Agustus, pak," kata sang Nakhoda sambil menunjukan salah satu kru kapal kepada petugas Imigrasi.

Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Belakag Padang Warshon saat itu langsung memberikan kado dan bendera merah putih kepada Gansomdee, kru kapal yang berulang tahun tersebut. Setelah lagu selamat ulang tahun dinyanyikan bersama-sama, susana yang sempat tegang itu berubah bergembira.

"Kedatangan kami ke sini, untuk sama-sama merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke 73. Kado yang diberikan ini untuk merayakan ulang tahun rekan kita di kapal ini sekaligus ulang tahun Indonesia," kata Washono kepada nakhoda dan ABK kapal.

Hal serupa jugda dilakukan Imigrasi Belakang Padang kepada MV Aquamarine Progres berbedera Singapura itu, Nakhoda dan kru kapal pun awalnya tidak mau menurunkan tangga agar petugas bisa naik ke atas kapal. Setelah diberitahu, kalau ada pemeriksaan rutin dari Imigrasi, baru semua rombongan yang ikut diperbolehkan naik ke atas kapal.

Sejumlah kru kapal pun mengarahkan petugas Imigrasi masuk ke dalam dek kapal. Sejumlah paspor pun kru kapal dan dokumen pelayaran diserahkan kepada petugas Imigrasi untuk diperiksa.

Nakhoda kapal pun binggung saat ditanya siapa yang lahir pada bulan Agustus. Kru kapal yang lahir di Agustus, Pulkit Kurana warga negara India, langsung mendekati petugas Imigrasi tersebut. Dia pun kaget setelah disodorkan kado ulang tahun dengan bendera merah putih.

"Selamat ulang tahun ya. Kami kesini juga untuk sama-sama memperingati ulang tahun Indonesia ke 73," kata Warsono Kasi Wasdakim Imigrasi Belakang Padang.

Warsono mengatakan kegiatan ini merupakan cara lain untuk memperingati HUT RI di perbatasan. Dengan mendatangi kapal-kapal asing yang berlabuh di tengah laut, untuk mengajak merayakan hari kemerdekaan bersama-sama.

"Selain kita awasi pergerakan orang asing, juga memberikan kejutan di hari kemerdekaan Indonesia ke 73. Dengan cara ini, ada kesan tersendiri yang ditinggalkan," katanya. (bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help