Ternyata Turki Miliki Kapal Perang Siluman Buatan Sendiri. Inilah Kehebatannya

Memiliki persenjataan canggih berteknologi siluman sebenarnya bukan hal yang baru bagi Turki.

Ternyata Turki Miliki Kapal Perang Siluman Buatan Sendiri. Inilah Kehebatannya
www.navalanalyses.com
Kapal perang siluman buatan Turki 

TRIBUNBATAM.id - Memiliki persenjataan canggih berteknologi siluman (stealth) sebenarnya bukan hal yang baru bagi Turki.

Pasalnya, Turki yang ‘sementara’ gagal memiliki sekitar 100 jet tempur siluman F-35 Lightning II, ternyata sudah cukup lama bisa memproduksi kapal perang berteknologi siluman secara mandiri.

Kapal siluman yang dimiliki Turki diproduksi melalui program rahasia bertajuk Milli Gemi (MILGEM) yang berarti Program Kapal Perang Nasional yang penggarapannya melibatkan 50 industri pertahanan Turki.

Program pembuatan kapal siluman jenis korvet dan frigat itu bahkan sudah berlangsung sejak tahun 2004.

Hingga saat ini kapal-kapal perang siluman yang sudah berhasil diproduksi Turki melalui program MILGEM adalah 8 kapal perang jenis korvet dan 4 kapal perang jenis frigat.

Baca: Divonis 2 Tahun Penjara, Ahok Bakal Bebas Januari 2019

Baca: Pakai Beskap, Beginilah Penampilan Cucu Jokowi Saat Ikut Upacara HUT RI

Baca: Memerah Penuh Darah, Beginilah Penampakan Laut Faroe Saat Ratusan Paus Dibantai

Sebagai kapal perang berteknologi siluman, baik kapal jenis frigat maupun korvet dipersenjatai rudal darat ke udara (SAM), rudal antikapal di permukaan laut, dan torpedo antikapal selam.

Tapi program MILGEM untuk memproduksi kapal-kapal berteknologi siluman ini ternyata membutuhkan dana sangat besar.

Sehingga pada tahun 2018, Turki hanya mengoperasikan dua kapal siluman jenis korvet, yakni TCG Heybeliada dan TCG Buyukada.

Masing-masing kapal siluman yang merupakan simbol kejayaan Angkatan Laut Turki di masa depan itu bernilai sekitar Rp3 triliun.

Militer Turki sebenarnya berharap setelah bisa memiliki kapal selam berteknologi siluman, juga bisa memiliki dan memproduksi jet tempur siluman secara mandiri.

Keterlibatan Turki dalam kerja sama pembuatan jet tempur F-35, sebenarnya telah membuka peluang terhadap penguasan pembuatan teknologi pesawat siluman itu.

Namun, program itu untuk sementara terhenti. Pasalnya berdasar berbagai alasan yang bersifat politis, AS ternyata menghentikan pengiriman 100 unit jet tempur F-35 yang sudah dipesan oleh Turki. (INTISARI)

*Artikel ini juga tayang di Intisari.grid.id dengan judul : Gagal Miliki Pesawat Siluman F-35, Turki Malah Sudah Punya Kapal Perang Siluman Buatan Sendiri

Tags
Turki
kapal
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help