ASIAN GAMES 2018

Edgar Xavier Marvelo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Asian Games 2018

Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, berhasil meraih medali pertama bagi Indonesia pada Asian Games 2018

Edgar Xavier Marvelo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Asian Games 2018
Instagram/Edgar Xavier Marvelo
Edgar Xavier Marvelo 

TRIBUNBATAM.id - Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, berhasil meraih medali pertama bagi Indonesia pada Asian Games 2018. Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak pada nomor Cangquan putra yang diadakan di JiExpo, Kemayoran, Minggu (19/8/2018).

Dia meraih 7.72 poin, terpaut 0,03 poin dari atlet China, Sun Peiyuwan, yang meraih medali emas. Marvelo lantas mempersembahkan medali perak yang diperolehnya untuk rakyat Indonesia dan khususnya bagi kedua orang tuanya.

"Medali ini tentu saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia dan juga orang tua saya," tuturnya kepada BolaSport.com.

Sebelumnya, Marvelo sudah banyak menyabet gelar hingga saat ini. Di antaranya pada tingkat internasional, atlet berusia 19 tahun ini pernah meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Singapura pada 2011.

Baca: ASIAN GAMES 2018 - Greysia Polii/Apriyani Rahayu Menang, Indonesia 2-0 atas Hong Kong

Baca: Ratu Wushu Indonesia Lindswell Kwok Punya Hobi Kekinian

Marvelo juga pernah medali emas pada ajang ASEAN Schools Games di Filipina pada 2014 lalu. Di tingkat nasional, atlet berusia 19 tahun itu pernah menjadi pemenang Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015.

Prestasinya berlanjut saat Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia ketika pewushu DKI Jakarta itu berhasil meraih medali emas.

Adapun pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia, Marvelo juga berhasil membawa pulang medali perunggu. Selain itu, atlet asal Jakarta ini dikenal sebagai pelajar yang jenius, karena ia hanya membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikan pendidikan SMP dan SMA di Jubille School.

"Ya, saya menyelesaikan sekolah SMP dan SMA di Jubille School hanya empat tahun saja," ujarnya.

Saat ini, dirinya tak ingin memikirkan kuliahnya terlebih dahulu. Marvelo hanya ingin fokus untuk bertanding di Asian Games.

Berhasil meraih perak membuatnya bermimpi untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020. "Tentu saya ingin bisa tampil dan berprestasi di Tokyo," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Edgar Xavier Marvelo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Asian Games".

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help