Tanjungpinang Terkini

BPJS Kesehatan Tanjungpinang Kembangkan Layanan Rujukan Online. Ini Keunggulannnya

Implementasi rujukan online di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) akan dilaksanakan mulai 1 Agustus 2018

BPJS Kesehatan Tanjungpinang Kembangkan Layanan Rujukan Online. Ini Keunggulannnya
TRIBUNBATAM/THOM LIMAHEKIN
BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang menggelar rapat koordinasi untuk mengembangkan layanan rujukan online, Senin (20/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang mengembangkan layanan rujukan online. Layanan ini bertujuan untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan terbaik dengan mempermudah peserta yang berobat dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), misalnya Puskesmas dan klinik ke Rumah Sakit.

“Implementasi rujukan online di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) akan dilaksanakan mulai 1 Agustus 2018”, ujar A Marisah Hijriyyah Lestari, Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tanjungpinang pada Sosialisasi Apotik Online dan Sistem Rujukan Berjenjang yang berlangsung di Tanjungpinang sebagaimana dalam rilis yang diterima Tribun, Senin (20/8/2018).

Dalam implementasi rujukan online di FKRTL, pelayanan kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) di FKRTL menggunakan rujukan online dengan data peserta dimasuk ke dalam Aplikasi Primary Care (Pcare) BPJS Kesehatan.

“Peserta dapat hanya membawa kartu JKN-KIS atau kartu JKN-KIS digital melalui Aplikasi Mobile JKN karena data rujukan akan diakomodir pada Aplikasi Vclaim BPJS Kesehatan dan berlaku maksimal 90 hari,” tambah Marisah.

Penggunaan kartu JKN-KIS atau kartu JKN-KIS digital dilakukan dengan verifikasi yaitu membandingkan kesesuaian data KIS digital dengan identitas pendukung Peserta berupa NIK yang akan mengakses pelayanan kesehatan. Surat Eligibilitas Peserta (SEP) tidak dapat diterbitkan tanpa adanya nomor rujukan untuk kunjungan RJTL pertama atau nomor surat kontrol untuk kunjungan RJTL berikutnya di FKRTL.

Baca: Hina Jokowi, Warga Ini Diadili di Pengadilan Batam. Saksi Gugup Jawab Pertanyaan

Baca: Krisis Keuangan, Turki Kehilangan Sepertiga Konglomerat Termasuk Trump dari Turki

Baca: Gegara Sewa PSK, 4 Atlet Asian Games 2018 Jepang Dipulangkan. Ini Kata Presiden Olimpiade Asia

“Surat kontrol diberikan apabila Peserta masih memerlukan perawatan di FKRTL tersebut. Peserta dapat langsung datang ke FKRTL (tanpa harus ke FKTP terlebih dahulu) dengan membawa surat kontrol dari dokter tersebut. Surat kontrol berlaku 1 (satu) kali untuk kunjungan berikutnya kecuali untuk Poliklinik Hemodialisa, Kemoterapi dan Rehabilitasi Medik dapat menggunakan nomor surat keterangan (surat kontrol) yang sama selama satu bulan,” jelas Marisah.

Surat kontrol hanya dapat dipergunakan dan dimasukkan pada Aplikasi Vclaim BPJS Kesehatan apabila mempunyai nomor numerik. Ketentuan tentang nomor pada surat kontrol diseragamkan dengan kode nomor “nomor urut/ kode faskes/ bulan & tahun pelayanan contoh 000001/0056R000/0818".

“Apabila dokter spesialis/subspesialis tidak memberikan surat kontrol, maka pada kunjungan berikutnya pasien harus melalui FKTP. Dalam hal peserta membutuhkan pemeriksaan dari dokter spesialis/sub-spesialis lainnya, maka dokter spesialis/sub-spesialis dapat mengeluarkan surat konsultasi internal,” tutup Marisah. (tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help