Anambas Terkini

Diam-diam Satgas 115 Tenggelamkan Kapal Nelayan Asing. Ini jumlah kapalnya

Perwakilan Tim Satgas 115 dari pusat, Wilson membenarkan ada penenggelaman empat Kapal Ikan Asing (KIA) di perairan Tanjung Pedas

Diam-diam Satgas 115 Tenggelamkan Kapal Nelayan Asing. Ini jumlah kapalnya
Tribun Batam
Foto Ilustrasi penenggelaman kapal pelaku Illegal Fishing di perairan Sabang Mawang, Pulau Tiga Natuna. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Perwakilan Tim Satgas 115 dari pusat, Wilson membenarkan ada penenggelaman empat Kapal Ikan Asing (KIA) di perairan Tanjung Pedas tidak jauh dari Pulau Siantan.

Dihubungi melalui sambungan seluler, pihaknya membenarkan adanya empat KIA yang ditenggelamkan pada Senin (20/8) itu.

Baca: SELAMAT ULTAH Menteri Susi! Netter: Semoga Sehat Selalu Supaya Bisa Tenggelamkan Kapal di Laut Bu

Baca: APAKAH Penenggelaman Kapal Illegal Fishing Bermanfaat bagi Rakyat? Ini Ungkapan Hati Nelayan Natuna

Baca: Pro-Kontra Penenggelaman Kapal Asing, Menteri Susi Minta Semua Pihak Move On

"Iya benar ada empat kapal yang ditenggelamkan pada hari ini," ujar Wilson saat dihubungi, Senin (20/8/2018) sore.

Namun Wilson enggan mendiskripsikan lebih jauh ketika disinggung mengenai proses penenggelaman kapal ikan asing itu.

Ia kemudian hanya menyampaikan kalau semua peristiwa tersebut akan disampaikan melalui konferensi pers yang akan dilakukan di Lanal Tarempa pada Selasa (21/8) besok.

"Ya ditenggelamkan sampai selesai. Intinya besok saja ya. Kami akan melakukan konferensi pers besok," ungkapnya.

Proses penenggelaman kapal ikan asing ini memang cukup tertutup, selain hanya melibatkan perwakilan instansi tertentu saja, sejumlah awak media yang bertugas di Anambas cukup kesulitan dalam mengakses pernyataan berkaitan dengan penenggelaman kapal ikan asing di Anambas ini.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, proses penenggelaman kapal ikan asing yang dilakukan pada koordinat 03 12 014 U - 106 11 039 T ini dimulai sejak pukul delapan pagi dan baru selesai sekitar pukul tiga sore.

Berbeda dengan proses penenggelaman kapal yang sebelumnya dengan cara diledakkan, proses kali ini dilakukan dengan cara memberikan beban ke kapal yang telah dilubangi sebelumnya.

Selain Satgas 115, turut hadir dalam penenggelaman itu Jaksa fungsional Dirkamtibmum dan tinda pidana umum lainnya Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Staff ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Perwakilan PSDKP Jakarta, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, termasuk pihak Lanal Tarempa.

Sebelumnya, empat kapal ikan asing ditenggelamkan di Perairan Tanjung Pedas tidak jauh dari Pulau Siantan. Data empat kapal ikan asing tersebut meliputi KNF. 7441 kapal berbendera Vietnam tangkapan PSDKP tanggal 23 Maret 2016?, kapal dengan nomor lambung KNF. 7440 KIA berbendera Vietnam, tangkapan PSDkP tanggal 23 Maret 2016, kapal dengan nomor lambung JHFA. 398 TU2 KIA Malaysia kapal tangkapan PSDKP tanggal 14 Oktober 2016, serta kapal dengan nomor lambung JHFA 396 TU2 KIA Malaysia tangkapan PSDKP tanggal 21 Mei 2016. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved