Sebaiknya Anda Tahu

Ingat! Inilah 7 Bagian Kambing yang Bisa Diolah Jadi Santapan Penggoyang Lidah

Ternyata ada 7 bagian kambing yang cocok diolah menjadi santapan lezat. Ini bagian dan ini menu olahan yang paling sesuai

Ingat! Inilah 7 Bagian Kambing yang Bisa Diolah Jadi Santapan Penggoyang Lidah
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA-Hari Raya Idul Adha, kebanyakan umat Muslim merayakannya dengan menyantap daging seperti kambing dan sapi usai kurban.

Nah, sebelum Anda meracik dan menjadikan masakan yang lezat, ketahui bagian-bagian daging kambing yang bisa diolah, seperti berikut.

1. Kaki Depan Kaki kambing bagian depan harus diolah lebih lama karena teksturnya lebih keras dibandingkan bagian belakang. Biasanya bagian ini diolah untuk makanan berkuah seperti semur, kari, dan sup.

Baca: Inilah 8 Tips Simpan Daging Kurban Tahan Lama dan Tetap Aman Dikonsumsi

Baca: Selain Malaysia-Turki, Inilah 5 Negara yang Terancam Bangkrut Tahun 2018. Begini Kehebohannya

Baca: Inilah Perbandingan Kekayaan Keluarga Kerajaan Saudi dan Kerajaan Inggris, Saudi Lebih Kaya!

Baca: Krisis Keuangan, Turki Kehilangan Sepertiga Konglomerat Termasuk Trump dari Turki

2. Sengkel Kaki belakang ini memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan kaki depan. Bagian ini cocok diolah menjadi semur dan roast lamb.

3. Panggul Tekstur bagian panggul lebih empuk dibandingkan bagian kaki belakang. Kadar lemak di bagian ini lebih sedikit dari pada bagian perut. Biasanya cocok diolah menjadi sate kambing, gulai, dan tongseng kambing.

4. Bahu Bagian bahu merupakan salah satu bagian yang tergolong lebih mahal dari bagian kambing mana pun. Karena teksturnya yang begitu empuk. Bagian ini bisa diolah menjadi steak dan sate.

Sate kambing dan sate buntel
Sate kambing dan sate buntel (korinatour.co.id)

5. Iga Bagian iga atau rib umumnya disajikan dengan cara dibakar menjadi iga bakar, atau pun dibuat menjadi sup. Sebelum pembakaran, disarankan iga kambing direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan bau prengus. Tak lupa tambahkan daun salam, serai, dan kunyit saat merebus iga.

6. Has Luar Has luar atau sirlon merupakan bagian kambing yang tak terlalu banyak lemak. Biasanya diolah menjadi rendang, steak, atau sate.

7. Has Dalam Has dalam atau tenderloin sama halnya dengan sirloin, tekstur bagian has dalam atau tenderloin pun empuk. Biasanya diolah menjadi tongseng atau sate. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved