Biar Snorkeling Makin Asyik, Simak Tata Caranya

Snorkeling, bukan sekadar bisa mengapung atau menyelam hingga ke dasarnya tetapi kamu juga perlu memahami tata cara dan alat-alat snorkeling

Biar Snorkeling Makin Asyik, Simak Tata Caranya
Photographer/@galang.bahari
snorkling 

TRIBUNBATAM.id - Saat berkunjung ke pulau dengan keindahan alam bawah lautnya, maka hal yang tak boleh dilewatkan adalah aktivitas snorkeling.

Snorkeling, bukan sekadar bisa mengapung atau menyelam hingga ke dasarnya tetapi kamu juga perlu memahami tata cara dan alat-alat snorkeling.

Dani, siswa salah satu sekolah swasta ini mengaku sudah sejak lama menggemari snorkeling. Dan awal snorkling, Dani mengaku perlu belajar teknik khusus.

"Jadi kita bukan hanya menyelam, tetapi ada tekniknya, karena ada beberapa hewan laut yang tidak bisa disentuh. Atau terumbu karang yang tidak bisa disentuh," ujarnya.

Sementara, Kariadi yang juga hobi snorkeling mengatakan, snorkeling merupakan hal yang menyenangkan. Sebab, bisa melihat aneka biota bawah laut sekaligus merasakan keindahan lautnya. Dan hal itu sangat menyenangkan baginya.

"Saya tidak bisa berenang, nanti diajarkan kok sama guidenya. Entar juga dikasih pelampung. Kalau mau foto di bawah nanti juga ada guide yang bantuin," katanya.

Snorkling
Snorkling (Photographer/@galang.bahari)

Malik, guide di Galang Bahari mengatakan, saat snorkeling perlu yang namanya pengenalan alat-alat snorkling. Dan hal yang perlu dilakukan sebelum snorkeling adalah pemanasan.

"Kita butuh pemanasan karena snorkling termasuk renang dan termasuk olahraga yang membutuhkan banyak tenaga serta fisik yang oke, karena semua badan bergerak," katanya.

Malik juga mengatakan, waktu pemanasan yang dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah istirahat sebentar barulah dilanjutkan dengan snorkeling.

pantai pasir putih
pantai pasir putih (Photographer/@galang.bahari)

Dan buat Mellennials yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Karena saat melakukan snorkeling akan diberikan life jacket hingga peralatan lainnya.

Alat-alat yang dibawa saat snorkeling, seperti masker, snoker (selang untuk jalur keluar masuknya udara dari mulut), Fin (Sepatu katak) atau bisa menggunakan sepatu karet, dan life jacket.

snorkling
snorkling (Photographer/@galang.bahari)

"Jadi usahakan jaket tidak terlaku ketat dan tidak terlalu longgar, dan saat menyelam juga usahakan menggunakan kacamata, agar mata tidak perih. Dan paskan senyaman mungkin," ungkapnya.

Malik juga mengatakan bahwa snorkeling tidak diperutukan untuk ibu hamil. Dan saat snorkeling usahakan setenang mungkin karena saat snorkling kita akan menikmati terumbu karang hingga biota di dalam lautnya.
Tips

1. Ikuti saran dan peraturan dari guide
2. Lakukan pemanasan dengan benar
3. Gunakan alat-alat snorkling yang baik
4. Jika merasa lelah jangan memaksakan diri untuk terus berenang dan menyelam
5. Saat kaki keram, segera minta pertolongan ke guide.

Tags
Snorkeling
Penulis: Andriani Mona
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help