Inilah Arti dan Fungsi Sebenarnya dari Kode Produksi Ban

Kode produksi tersebut umumnya di cetak menggunakan empat angka yang menandakan minggu dan tahun pembuatan

Inilah Arti dan Fungsi Sebenarnya dari Kode Produksi Ban
avtobot.by
Kode produksi ban 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA-Anggapan kedaluwarsa ban sering kali dikaitkan dari kode produksi yang tertera pada dinding ban.

Kode produksi tersebut umumnya di cetak menggunakan empat angka yang menandakan minggu dan tahun pembuatan.

Dua angka di depan menandakan minggu, dan dua lagi menandakan tahun. Contoh seperti "1416", angka 14 mengartikan ban waktu dalam pekan ban tersebut diproduksi (pada minggu ke-14), sementara dua angka di belakang 16 adalah tahun pembuatan, yakni 2016.

Baca: Kisah-kisah Tak Terungkap! Inilah 7 Cerita Paspampres Kawal Presiden RI, dari Soekarno hingga Jokowi

Baca: Dilempar Belati hingga Diburu Sniper, Rhoma Irama Blak-blakan Pengalamannya 4 Kali Hampir Dibunuh

Baca: Inilah 5 Fakta Kasus Pungli SIM yang Menjerat Kapolres Kediri, Segini Setoran Punglinya Per Minggu

Baca: Kabarnya Penerimaaan CPNS Akhir Agustus, Termasuk di Kepri. Begini Jawaban BKD Pemprov

Menurut Manager Proving Ground Bridgestone Zulpata Zainal, kode produksi tersebut tidak ada kaitanya dengan kedaluwarsa ban. Hal itu hanya berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan.

"Pada semua ban kode produksi wajib ada karena sudah aturan internasional. Kode tersebut memang menandakan kapan ban tersebut dibuat, tapi bukan jadi ukuran usia atau kedaluwarsa ban," ucap Zul saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/8/2018).

Zul melanjutkan, bila keberadaan kode produksi dibutuhkan sebagai sebuah note production dari perusahaan ban yang memproduksinya. Hal ini penting untuk mengidentifikasi ban bila sewaktu-waktu ada masalah dalam hal kualitas.

Kode produksi ban
Kode produksi ban (avtobot.by)

Bridgestone Dueler H/L 33 perlengkapan standar All-New CR-V. "Contoh, bila ternyata ban ada masalah dan tidak lulus quality control, itu tinggal dipantau dari kode produksinya saja. Minggu keberapa tahun berapa, untuk memudahkan sehingga tidak harus sampai melakukan pengecekan ribuan ban yang sudah diproduksi," kata Zul.

Namun begitu, Zul menegaskan dari kode produksi tersebut bisa menandakan habisnya masa jaminan ban dari pihak pabrikan. Biasanya masa jaminan itu akan hangus dalam masa lima tahun dari sejak ban tersebut diproduksi.

Contoh bila kodenya "1712", artinya ada minggu ke 17 di tahun 2012 ban tersebut diproduksi. Bila saat ini 2018, maka usia ban tersebut sudah enam tahun dan masa jaminanya telah habis, tapi bukan berarti itu telah melewati masa kedaluwarsa.

"Selama ban itu masih baik dalam hal kondisi, maka tidak masalah meski masa jaminanya habis. Seperti yang saya katakan sebelumnya, tidak ada masa kedaluwarsa pada ban, tapi bukan berarti bisa digunakan seamanya, ban juga bisa rusak seiring penggunaan dan minimnya perawatan," papar Zul. (*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Fungsi Sebenarnya dari Kode Produksi Ban

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved