KARIMUN TERKINI

Over Kapasitas Penumpang, KSOP Panggil Pengelola Speedboat

KSOP Tanjungbalai Karimun memberikan peringatan tegas. Apabila kembali ditemukan pelanggaran yang sama maka KSOP akan dicabut izinnya

Over Kapasitas Penumpang, KSOP Panggil Pengelola Speedboat
TRIBUNBATAM/ELHADIF PUTRA
Para penumpang terpaksa duduk di atas atap SB Satria Express karena telah melebihi kapasitas, Rabu (22/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN- Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun telah memanggil pihak pengelola angkutan kapal antar pulau dalam Kabupaten Karimun.

Pemanggilan ini terkait adanya pihak kapal, yakni SB Satria Express yang dianggap kurang mementingkan keselamatan berlayar dengan memuat penumpang melebihi kapasitas.

"Kita sudah panggil nahkoda-nahkoda tadi," kata Kepala Seksi Penjagaan dan Keselamatan KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi, Kamis (23/8/2018).

Syahrinaldi mengatakan over kapasitas sama sekali tidak dibenarkan karena telah melanggar aturan pelayaran.

"Itu tidak boleh dam salah karena telah melanggar SOP pelayaran," ujarnya.

Baca: Penumpang Lebihi Kapasitas, Laporan Kacabjari Tanjungbatu Tidak Diindahkan KSOP

Baca: Dipanggil Dewan, Syahbandar Tetap Tidak Perhatikan Keselamatan Penumpang

Baca: Tak Terima Perlakuan Kasar, Supir Taksi dan Ojek Datangi Kantor Pelindo

Atas adanya kejadian tersebut, KSOP Tanjungbalai Karimun memberikan peringatan tegas. Apabila kembali ditemukan pelanggaran yang sama maka KSOP akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan guna mencabut izin berlayar.

"Kita tidak akan segan-segan mencabut izin trayeknya. Kita berkoordinasi dengan pihak Dishub Karimun," tegas Syahrinaldi

Pelanggaran tersebut dilakukan oleh Speedboat Satria Express yang berlayar dari Pelabuhan Tanjungberlian-Tanjungbalai Karimun pada Rabu (23/8/2018) sore.

Speedboat tersebut memaksakan penumpang hingga ada yang berdiri dan duduk di atas atap kapal. Bahkan kapten kapal tetap menambah lagi penumpang di pelabuhan Desa Sebele, Kecamata Belat. Hal ini sempat mendapatkan protes dari para penumpang. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved