Terbang dari Surabaya Hendak ke Pontianak, Pesawat Citilink Pilih Mendarat di Batam. Ini Sebabnya

Pesawat Citilink yang terbang dari Surabaya tujuan Pontianak dikabarkan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam. Ternyata ini penyebabnya.

Terbang dari Surabaya Hendak ke Pontianak, Pesawat Citilink Pilih Mendarat di Batam. Ini Sebabnya
Bandara Hang Nadim Batam 

TRIBUNBATAM.id, PONTIANAK - Sejumlah penerbangan dari Jakarta dan sejumlah kota lain dengan tujuan Pontianak mengalami kendala teknis terkait kondisi kota tersebut yang diselimuti kabut asap.

Ada penerbangan yang memilih balik ke kota asal ada juga yang memilih untuk mengalihkan pendaratan ke bandara di kota lain. 

Pesawat Garuda GA 510 rute Jakarta menuju Pontianak, misalnya, harus kembali lagi ke Jakarta karena jarak pandang di Bandara Internasional Supadio hanya 500 meter akibat kabut asap, Jumat (24/8/2018) malam.

Salah satu penumpang Garuda, Ilahang mengatakan, sebelum kembali ke Jakarta pesawat yang ditumpanginya sempat berputar-putar selama dua jam di atas langit Pontianak.

"Akhirnya kami kembali ke Jakarta. Kami tidak bisa mendarat di Pontianak karena jarak pandang hanya 500 meter," ujar Ilahang saat dihubungi Kompas.com, Jumat malam.

Baca: Rentan Disalahgunakan, OJK Buat Aturan Lindungi Data Peminjam Dana

Baca: Horison Sky, Hotel Bintang Tiga Hadir di Bandara Kualanamu Medan. Cek Apa Saja Fasilitasnya

Baca: Beredar Kabar Berantai Lewat WhatsApp Indonesia Bakal Diguncang Gempa Hebat, Ini Kata BMKG

Ilahang menambahkan, informasi terkait jarak pandang tersebut ia ketahui melalui pengumuman di pesawat.

Pesawat pun akhirnya kembali lagi ke Bandara Soekarno Hatta, dengan harapan bisa melanjutkan penerbangan keesokan harinya.

Sedianya pesawat tersebut berangkat dari Jakarta pukul 18.35 WIB, namun terpaksa kembali lagi dan tiba di Jakarta pukul 22.55 WIB.

Selain pesawat Garuda, sejumlah maskapai lain dikabarkan juga mengalihkan pendaratan atau kembali ke bandara asal.

Maskapai tersebut di antaranya pesawat Citilink Surabaya - Pontianak dialihkan ke Batam, Lion Air Jakarta-Pontianak kembali ke Jakarta, Sriwijaya Jakarta-Pontianak kembali ke Jakarta dan Garuda Jakarta-Pontianak kembali ke Jakarta.

Kompas.com masih berupaya mengkonfirmasi hal tersebut kepada pihak otoritas Bandara Internasional Supadio Pontianak.

General Manager Bandara Supadio, Jon Muchtarita maupun Manager Operasional Bernard Munthe belum memberikan jawaban atau membalas pesan singkat terkait hal tersebut sejak pukul 21.06 WIB. (*)

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jarak Pandang 500 Meter di Pontianak, Pesawat Garuda Terbang Kembali ke Jakarta", 

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved