BATAM TERKINI

Galang Sumbangan Bagi Korban Gempa di Lombok, Rudi Janji Akan Turun ke Jalan

"Makanya kita cari solusi lain. Wali kota akan berdiri di jalan minta sumbangan ke masyarakat. Ya, kita turun ke lapangan," kata Rudi

Galang Sumbangan Bagi Korban Gempa di Lombok, Rudi Janji Akan Turun ke Jalan
TRIBUNBATAM/ROMA ULY SIANTURI
Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan wakilnya Amsakar Achmad 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Wali Kota Batam, Rudi, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan turun ke jalan, pekan depan. Mereka akan menggalang dana kemanusiaan bagi korban gempa di Lombok.

Rudi mengatakan, hal ini dilakukan mengingat untuk bantuan yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam, saat ini sangat tidak dimungkinkan. Lantaran dari sisi keuangan Pemko Batam defisit.

"Makanya kita cari solusi lain. Wali kota akan berdiri di jalan minta sumbangan ke masyarakat. Ya, kita turun ke lapangan," kata Rudi, Selasa (28/8/2018).

Untuk teknisnya, ia masih akan merapatkan kembali dengan Wakil Wali kota. Namun Rudi mengatakan, nantinya mereka akan membagi simpang-simpang yang menjadi titik penggalangan dana.

"Minggu depan kita lakukan. Kita bagi titik-titiknya. Nanti kita bawa kotak," ujarnya.

Rudi menjelaskan, pada kegiatan itu, nantinya seluruh elemen masyarakat juga akan diundang dan dilibatkan. Baik mahasiswa, aparatur sipil negara dan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemko Batam akan segera menyikapi surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 977/6131/Sj dan 977/6132/Sj terkait bantuan korban gempa Lombok.

Surat edaran Mendagri tertanggal 20 Agustus 2018 itu, ditujukan kepada gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia. Isinya, meminta pemerintah daerah memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kalau surat edaran sudah ada, kita mesti menyikapinya," kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika bantuan keuangan tidak bisa diambil dari APBD Kota Batam, pihaknya akan memobilisasi atensi ASN dan masyarakat untuk ikut meringankan beban korban gempa di Lombok.

"Hakekatnya memang perlu ada kebersamaan untuk membantu saudara-saudara kita di sana," ujarnya. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help