Perbedaan Antara Mesin Ertiga dengan Jimny Sierra

Suzuki Ertiga generasi kedua menggunakan tipe mesin K15B. Jantung pacu tersebut sama seperti yang digunakan Jimny Sierra

Perbedaan Antara Mesin Ertiga dengan Jimny Sierra
Suzuki Jimny 4WD 

TRIBUNBATAM.id - Suzuki Ertiga generasi kedua menggunakan tipe mesin baru, yaitu K15B. Jantung pacu tersebut ternyata sama seperti yang digunakan oleh Jimny Sierra, dengan kapasitas 1.5-liter.

Menurut Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS Yulius Purwanto, secara keseluruhan selama menggunakan tipe mesin serupa, maka tidak ada perbedaan signifikan antara yang dipakai All New Ertiga dan Jimny Sierra.

"Jadi secara keseluruhan benar-benar sama, kecuali soal Euro. Kalau yang Ertiga Euro IV, sedangkan Jimny Siera karena diproduksi di Jepang sudah Euro VI," ujar Yulius ketika berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di BSD, Tangerang.

Secara umum, lanjut Yulius perbedaan standar emisi itu bisa diatur pada bagian mesin. Tergantung menyesuaikan dengan regulasi dari masing-masing kebijakan dari setiap negara.

Lauching All New Ertiga 2018 di IIMS 2018, Kamis (19/4/2018)(Kompas.com / Setyo Adi )

"Selama itu seri mesinnya masih sama, maka semuanya akan sama karena punya blue print yang sama dan diawasi oleh quality control yang sama, jadi secara keseluruhan sama saja," kata Yulius.

Perbedaan signifikan mungkin hanya pada lokasi perakitan. Ertiga generasi kedua yang dipasarkan di Indonesia mesinnya sudah dirakit lokal, sedangkan Jimny Sierra berasal dari negara aslinya, yaitu Jepang.(*)

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved