Bintan Terkini

Dinsos Rehab108 Unit Rumah di Bintan. Anggarannya Ternyata Capai Miliaran

Rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Bintan oleh Dinsos Bintan disebutkan sudah jalan 86 persen.

Dinsos Rehab108 Unit Rumah di Bintan. Anggarannya Ternyata Capai Miliaran
tribunbatam/aminnudin
Ilustrasi Sosialisasi RTLH Kabupaten Bintan 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Bintan oleh Dinsos Bintan disebutkan sudah jalan 86 persen. Sedangkan anggarannya yang sudah terealisasi 76 persen.

Dana RTLH berjumlah Rp 2,7 miliar yang dianggarkan melalui ABPD Bintan. Dana tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan rehab 108 unit rumah.

Baca: November Harus Rampung Tapi Belum Satupun RTLH Dikerjakan, Ini Kata Wakil Wali Kota

Baca: Program RTLH Pemko Batam Rp2,2 Miliar. Ini Syarat Rumah yang Bisa Direhab Pakai Dana Ini

Baca: Untuk Jalankan Program RTLH. Dinas Sosial Bintan Akan Minta Pemerintah Pusat

Pencairan dana dilakukan dua tahap. Tahap pertama cair 70 persen, tahap dua cair 30 persen. Pemiliki rumah yang dibantu kemudian langsung menggunakan anggaran yang diterima untuk merehab rumahnya.

Program rehabilitasi RTLH ini menggunakan model swakelola. Per unit rumah yang direhab berukuran 5 x 6 meter. Pekerjaan seleisai paling lama 60 hari.

Rehabilitasi hunian RTLH adalah kegiatan yang ditujukan untuk mereka yang dikategorikan keluarga kurang mampu yang karena alasan ekonomi terkendala memenuhi kebutuhan papan dan menempati rumah yang tidak layak huni berdasarkan kriteria tertentu.

Kepala Dinsos Bintan Naharuddin menyebut, RTLH di lapangan sampai bulan Agustus ini masih berjalan lancar, lancar tanpa kendala berarti.

"Diupayakan pada akhir 2018 selesai semua,"katanya, Rabu (29/8/2018).

Sejumlah rumah tak layak huni yang dibantu dari dana RTLH tersebar di hampir semua kecamatan. Tambelan terbanyak dengan 74 unit, Mantang 21 unit. Kemudian Bintan Utara 5 unit, Teluk Sebong 1 Unit, Sri Kuala Lobam 5 unit dan Kecamatan Gunung Kijang 2 Unit.
Naharudin mengatakan, rehabilitasi RTLH merupakan bukti bahwa Pemkab Bintan sangat peduli akan kondisi tempat tinggal warganya.

Dengan direhab maka rumah menjadi bagus, layak huni. Pada akhirnya berdampak pada perbaikan tingkat kesejahteraan warga.

"Akan kita usahakan kedepan program ini bisa menjangkau lebih banyak lagi rumah RTLH. Kita akan terus berusaha. Selain bantuan APBD, kita usahakan juga bisa dapat sokongan dari APBN,"kata Naharuddin. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved