Pemilu 2019

Dongkrak Tingkat Partisipasi Pemilih saat Pemilu, KPU Anambas Perbanyak Jumlah TPS

KPU Anambas menambah jumlah TPS demi mendongkrak partisipasi pemilih pada pemilu 2019. Begini detailnya

Dongkrak Tingkat Partisipasi Pemilih saat Pemilu, KPU Anambas Perbanyak Jumlah TPS
Logo Pemilu 2019 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Persentase partisipasi pemilih ditargetkan menembus angka 76 persen.

Novelino komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, beberapa upaya coba dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Evaluasi dari pelaksanaan pemilihan umum pada periode sebelumnya pun, menurutnya menjadi pertimbangan dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

"Secara persentase, partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif periode kemarin mencapai 70 persen. Dari pusat sekarang memberikan target kepada kami agar partisipasi pemilih dapat mencapai 76 persen pada Pileg dan Pilpres," ujarnya Rabu (29/8/2018).

Baca: Ingin Mantan Pacar Cemburu dan CLBK, Pernikahan Cucu Konglomerat Rusia Habiskan Rp 40 Triliun

Baca: Bahan Mudah Dicari, Beginilah Cara Bikin 3 Ramuan Alami Penghilang Sakit Asam Urat

Baca: Beginilah Cara Mudah dan Simpel Berkebun Ubi Jalar Rumahan

Baca: Perahu Hampir Karam, Beginilah Kesaksian Pria Selama 76 Hari Terkatung-katung di Lautan Sendirian

Divisi teknis ini menjelaskan, penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), menurutnya menjadi salahsatu cara untuk mendongkrak partisipasi pemilih.

Jumlah TPS yang sebelumnya mencapai 105 menjadi 150 TPS dengan satu TPS maksimal mencapai 300 pemilih. Dengan penambahan TPS ini, diharapkan dapat lebih menjangkau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kami juga mengharapkan kepada semua pihak untuk membantu mensosialisasikan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya," ungkapnya. Langkah lain dengan melakukan sosialisasi juga penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Hanya saja, upaya untuk melakukan sosialisasi ini terbentur terbatasnya anggaran sehingga dikhawatirkan kurang optimal untuk menjangkau ke sejumlah pulau.

Upaya lain dengan mengkonsultasikan hal ini dengan Pemerintah Daerah melalui Bakesbangpol dan Penanggulangan ‎Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, coba dilakukan KPU agar sosialisasi tersebut dapat difasilitasi.

"Kami sudah berkoordinasi. Dari mereka masih mengusahakan. Kalau menunggu APBN, berkemungkinan bisa dilakukan pada awal tahun ini. Namun kalau menunggu Perubahan APBD, mungkin bisa direalisasikan pada tahun ini," bebernya.

Jumlah pemilih di Anambas sebelumnya ‎telah ditetapkan sebanyak 30.478 orang pemilih, dengan estimasi pemilih laki-laki sebanyak 15.702 orang dan pemilih perempuan sebanyak 14.776 ‎orang pemilih.

Kecamatan Palmatak menjadi kecamatan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dengan jumlah 8.464 orang dengan jumlah 42 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, Jufri Budi mengatakan, selain itu terdapat Kecamatan Jemaja Timur dengan total pemilih paling sedikit dengan jumlah 1.836 orang pemilih dengan 11 TPS. Besaran angka ini pun, telah diplenokan secara terbuka di kantor KPU Kabupaten Kepulauan Anambas. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved