ASIAN GAMES 2018

Gagal Raih Emas Asian Games, Pemanah Korsel Harus Ikut Wajib Militer

Seorang atlet panahan Korea Selatan tidak mau merayakan kesuksesannya meraih emas dalam Asian Games 2018

Gagal Raih Emas Asian Games, Pemanah Korsel Harus Ikut Wajib Militer
(AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN)
Dalam foto ini terlihat atlet panahan Korea Selatan Lee Woo-seok yang merah medali perak dan atlet Indonesia Ega Agata Salsabilla mengapit sang juara Kim Woo-jin dalam penyerahan medali nomor recurve individual putra di Asian Games Jakarta 2018. 

TRIBUNBATAM.id - Seorang atlet panahan Korea Selatan tidak mau merayakan kesuksesannya meraih emas dalam Asian Games 2018 setelah mengalahkan rekan senegaranya.

Kim Woo-jin (26) berhasil mengatasi perlawanan sengit rekan senegaranya Lee Woo-seok (21) dalam nomor individual recurve putra yang digelar pada Selasa (28/8/2018).

Keduanya bukan hanya mengejar medali emas saja, tetapi ada "hadiah" lain yang menanti sang juara yaitu dibebaskan dari wajib militer dua tahun.

Alhasil, Lee Woo-seok yang gagal menjadi juara dipastikan harus menjalani wajib militer dua tahun saat pulang ke negaranya.

Namun, Kim yang juga peraih medali emas Olimpiade itu menegaskan, nasib Lee yang harus menjalani wajib militer bukan alasan dirinya tidak merayakan kemenangan.

"Apakah itu wajib militer atau hal lain tidak terkait dengan kompetisi, saya tidak memikirkan hal tersebut," kata Kim seperti dikabarkan kantor berita Yonhap.

"Selalu amat berat bagi saya mengalahkan seseorang yang saya kenal amat baik setelah berbulan-bulan berlatih bersama," tambah Kim.

Situasi yang dihadapi Lee serupa dengan yang dialami bintang klub Tottenham Hotspur Son Heung-min yang harus mendapatkan emas Asian Games jika ingin bebas dari wajib militer.

Lee sebenarnya sudah menjalani wajib militer dan dijadwalkan mengakhiri kewajibannya itu tahun depan.

Dia mengaku amat kecewa karena gagal meraih emas tetapi menurutnya kehidupan di militer tidaklah seburuk yang diduga banyak orang.

"Saya akan kembali dan melayani negara sebaik yang saya bisa," ujar Lee.

Menurut undang-undang Korea Selatan semua pria bertubuh sehat dan maksimal berusia 28 tahun harus menjalani wajib militer.

Pengecualian diberikan kepada para atlet yang mampu memberikan prestasi maksimal di Olimpiade atau Asian Games.(*)

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved