Aksi Petenis Alize Cornet Buka Baju Saat Bertanding di US Open 2018 Memancing Perdebatan

Alize Cornet melakukan aksi yang jarang diperagakan oleh banyak atlet putri di dalam dunia olahraga, yakni membuka baju di tengah pertandingan.

Aksi Petenis Alize Cornet Buka Baju Saat Bertanding di US Open 2018 Memancing Perdebatan
AFP
Alize Cornet saat bertanding di US Open 

TRIBUNBATAM.id - Petenis Perancis Alize Cornet membuat heboh US Open 2018.

Alize Cornet melakukan aksi yang jarang diperagakan oleh banyak atlet putri di dalam dunia olahraga, yakni membuka baju di tengah pertandingan.

Alize Cornet memancing perdebatan dalam dunia tenis saat tampil pada babak pertama, US Open 2018, Selasa (28/8/2018) siang waktu Amerika Serikat.

Pasalnya, pada saat itu petenis putri asal Prancis ini membuka bajunya saat bertanding melawan Johanna Larsson (Swedia).

Cornet membuka bajunya yang basah karena keringat sebelum memakainya kembali di tengah jeda antara set kedua dan ketiga.

Tindakan yang dilakukan perempuan 28 tahun itu pun mendapat peringatan dari umpire alias wasit yang bertugas pada laga itu, Christian Rask.

Rask menganggap Cornet melakukan tindakan yang tak sportif, meskipun membuat sang petenis kebingungan dengan keputusan tersebut.

Perdebatan terjadi karena pihak penyelenggara US Open 2018 dianggap membatasi hak Alize Cornet dan membeda-bedakan perlakuan antara petenis putra dan putri.

Namun pada keesokan harinya, Rabu (29/8/2018), pihak US Openmengeluarkan pernyataan permintaan maaf dan megoreksi putusan Christian Rask.

"Semua pemain, baik putra dan putri, boleh mengganti pakaian mereka saat duduk di kursi pemain. Itu bukan sebuah hal yang melanggar aturan," tulis pihak US Open dikutip BolaSport.com dari CNBC.

"Kami menyesali peringatan yang telah dijatuhkan kepada Cornet kemarin. Kami akan memperjelas aturan ini dan memastikan jika hal yang sama tak akan terjadi di masa depan," lanjut pernyataan tersebut.

Asosiasi tenis putri dunia (WTA) juga mendukung Alize Cornet.

WTA menganggap jika larangan itu bukan dari aturan mereka dan WTA tak memiliki aturan yang melarang pemain mengganti pakaian di tengah laga.

"Kode pelanggaran ini merupakan aturan Grand Slam dan kami senang jika pihak US Open telah mengubah aturan ini. Alize Cornet tak melakukan hal yang salah," tulis pernyataan WTA.

Langkah Alize Cornet di US Open 2018 sendiri terhenti secara prematur usai dikalahkan Johanna Larsson dengan skor 6-4, 3-6, 2-6.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved