Anambas Terkini

Festival Moon Cake Anambas Targetkan Seribu Pengunjung

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan seribu pengunjung pada Festival Moon Cake di Anambas.

Festival Moon Cake Anambas Targetkan Seribu Pengunjung
tribunbatam/septyan mulia rohman
Ilustrasi, Suasana Festival Lestari Anambas di Tarempa. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan seribu pengunjung pada Festival Moon Cake di Anambas.

Festival yang bakal dilaksanakan di lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa pada 22 September 2018 ini, memang baru perdana dilakukan di Anambas.

Baca: Festival Bedug Jadi Ikon Wisata Religi Karimun, Rafiq Akan Undang Malaysia

Baca: BSM Serahkan Penghargaan Bagi Nasabah di Acara Road To Festival Ekonomi Syariah

Baca: Festival Hijau : Bersama Menjaga Ketersediaan Air Baku di Batam

Selain pagelaran kesenian dari etnis Tionghoa seperti tari seribu tangan, kipas dan payung, acara ini juga dimeriahkan dengan kuliner khas kue bulan dan festival pelepasan lampion yang bakal dilakukan secara simbolis.

"Untuk pelaksanaan festival ini, memang serentak dilakukan pada tanggal 24 September 2018. Namun, kami memutuskan untuk mencari waktu yang pas agar dapat memaksimalkan masyarakat yang hadir," ujar Masykur Jumat (31/8/2018).

Ia pun menjelaskan, sejatinya pelaksanaan festival ini merunut pada penghitungan kalender Cina dimana puncaknya pada satu malam saat bulan purnama, yakni pada tanggal 15 penanggalan Cina bulan purnama terbaik pada dua belas lainnya.

Meski mengaku festival ini merupakan kali pertama dilakukan, namun pihaknya berupaya untuk memberikan suguhan memukau seperti atraksi Barongsai, Bazaar, pameran foto Tarempa tempo dulu, fashion show hingga doorprize.

"Meski perdana, namun kami berusaha untuk memberikan suguhan maksimal kepada masyarakat yang bakal hadir menyaksikan festival ini," ungkapnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan festival ini pun merupakan rangkaian dari kalender iven pariwisata yang sebelumnya telah tersusun. Pihaknya pun telah mempersiapkan rangkaian agenda pariwisata untuk pelaksanaan tahun 2019 mendatang, dengan puncak pelaksanaan festival yakni Festival Padang Melang.

"Kami berusaha juga untuk merancang lebih baik lagi di tahun 2019 dengan mengevaluasi pada tahun ini. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan sektor pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Anambas," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved