Iran Pamerkan Jet Tempur Siluman Produk Sendiri dan Siap Melawan AS

Salah satu persejataan terbaru yang diluncurkan Iran pada pertengahan tahun 2018, adalah jet tempur Kowsar

Iran Pamerkan Jet Tempur Siluman Produk Sendiri dan Siap Melawan AS
Jet tempur siluman buatan Iran, Qaher F -313 

TRIBUNBATAM.id - Sebagai negara yang memiliki keinginan kuat untuk memproduksi persenjataan secara mandiri, Iran terus membuat kejutan melalui beragam persenjataan produksi terbarunya

Salah satu persejataan terbaru yang diluncurkan Iran pada pertengahan tahun 2018, adalah jet tempur Kowsar yang diklaim Iran merupakan buatan sendiri dan siap digunakan bertempur melawan AS atau Israel.

Keberhasilan Iran bisa memproduksi Kowsar secara mandiri itu jelas membuat AS khawatir.

Pasalnya meski Iran telah mendapat embargo militer dari AS dan negara-negara sekutunya sejak tahun 1980, Iran tetap bisa mengembangkan industri pertahanannya.

Baca: Bikin Sewot AS, Turki Bekerja Sama dengan Rusia-China Produksi Pesawat Siluman

Baca: Diklaim Lebih Hebat dari Patriot, AS Menentang Rencana Turki Beli Sistem Rudal S-400 dari Rusia

Untuk mendapatkan ilmu tentang bagaimana memproduksi jet tempur, Iran memang tidak merasa kesulitan karena bisa bekerja sama dengan Rusia, China, Pakistan, dan Turki.

Kerja sama militer Iran dengan China bahkan sudah dimuali sejak tahun 1980 khususnya dalam pembuatan kapal-kapal perang dan rudal jelajah serta produksi jet-jet tempur.

Pada tahun 2020, Iran bahkan akan menerima sebanyak 150 jet tempur J-10 dari China yang telah dipesan sejak tahun 2015.

Sementara kerja sama militer antara Rusia-Iran makin meningkat setelah kedua negara sama-sama bertempur di Suriah untuk mendukung rezim Presiden Bashar al Assad (2015).

Berkat kerja sama militer antara Iran-Rusia-China, memang tidak mengherankan jika Iran akhirnya bisa memproduksi sejumlah persenjataan canggih dalam waktu cepat.

Iran yang pernah diragukan apakah bisa memproduksi jet tempur berteknologi siluman (stealth) secara mandiri, pada akhir bulan Juli 2018 bahkan membuat gebrakan baru.

.
. ()

Secara terang-terangan Iran telah menunjukkan prototipe (purwarupa) jet tempur siluman buatan sendiri yang dinamai Qaher F -313.

Meski Iran belum menunjukkan video Qaher F-313 dalam posisi sedang terbang, penampakan jet siluman yang sudah merupakan prototipe itu jelas merupakan jet tempur yang sudah lolos berbagai uji terbang dan sertifikasi serta siap diproduksi massal.

Jika dalam produksinya, Qaher F-313 digarap bersama Rusia dan China, kemampuan Iran untuk memiliki jet tempur siluman generasi kelima memang masuk akal.

Militer Iran bahkan mengumumkan tidak hanya Qaher F-313 yang siap diproduksi massal.

Pasalnya persenjataan untuk digunakan Qaher F-313 dalam misi tempur juga sudah diproduksi dan siap digunakan berperang melawan AS kapan saja. (Agustinus Winardi/Intisari)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved