BATAM TERKINI

Masyarkat Antusias Lihat Film Anting, Ini Harapan Wakil Walikota Batam

Mereka datang ke saya menawarkan film ini. Saya lihat ceritanya bagus. Ayo kita buat," kata Paschal

Masyarkat Antusias Lihat Film Anting, Ini Harapan Wakil Walikota Batam
TRIBUNBATAM/DEWI HARYATI
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad didampingi Febrialin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisatawan saat menonton film anting di Studio 3 Blitz Kepri Mall, Kamis (30/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Pemutaran perdana film pendek karya seniman Batam, Anting, mendapat antusias tinggi dari masyarakat Batam, Kamis (30/8/2018) malam.

Semua kursi di Studio 3 Blitz Kepri Mall, penuh terisi. Tak hanya dari Batam, masyarakat dari Dabopun hadir, demi menyaksikan film yang mengisahkan persahabatan dua remaja beda agama ini.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, dan Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah mewakili pimpinan masing-masing instansi. Namun keduanya tak sempat menyaksikan pemutaran film tersebut karena kesibukan dan lain hal.

Selain itu, hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Pebrialin, legislator asal Kepri, Djasarmen Purba, Haripinto, anggota DPRD Kota Batam, Uba Ingan Sigalingging, KH Didi Suryadi dan tamu undangan lainnya.

Produser film Anting, RD Paschalis atau yang dikenal dengan Romo Paschal membuka sambutannya malam itu. Ia mengatakan, ide dalam film Anting bukanlah idenya melainkan ide dari teman-teman lainnya. Keseluruhan cerita ditulis Bowo yang bertindak sebagai sutradara di film Anting. Bowo tak sendirian menjadi sutradara, dia dibantu rekannya, Joni Astin Ariadi.

"Mereka datang ke saya menawarkan film ini. Saya lihat ceritanya bagus. Ayo kita buat," kata Paschal yang juga bermain di film tersebut sebagai pastor.

Baca: Dulu Hanya Pelita, Sekarang Listrik Menyala Siang, Malam

Baca: Tampil di Penutupan Asian Games, Super Junior Sempat Makan Sate. Ini Reaksinya

Baca: Pernikahan Dini Kembali Terjadi di Bantaeng. Bocah Baru Lulus SD Nikahi Gadis 17 Tahun

Ia berharap film Anting nantinya bisa dilirik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam. Paschal juga menaruh harapan, agar anak-anak Batam khususnya, bisa menyaksikan film tersebut.

"Bagaimana kita menumbuhkan persaudaraan antar sesama dengan cara yang menghibur, mengemas persahabatan dengan suka cita. Kami memang mencari inovasi supaya pesan-pesan seperti ini bisa disampaikan kepada masyarakat," ujarnya sedikit mengulas latar belakang pembuatan film Anting.

Terakhir, Paschal meminta kritik dan saran dari penonton untuk perbaikan film ke depannya. Di tempat yang sama, Wakapolda Kepri memberikan apresiasinya atas peluncuran film Anting. Apalagi tema cerita di film itu, memberikan nilai-nilai kebangsaan yang diangkat dari Kepri. Kepri sebagai gambaran miniatur Indonesia.

"Semoga dengan diputarnya film pendek ini jadi pemicu generasi lain untuk melahirkan ide dan film-film kreatif yang bersumber dari Batam," kata Yan.

Senada disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Kehadiran Anting diharapkan bisa membuat Batam lebih bergairah lagi ke depannya. Apalagi Batam memiliki Nongsa Digital Park, Infinite Studio.

"Ternyata Nongsa Digital Park dan Infinite ini jadi perhatian bagi Singapura," kata Amsakar.

Diakuinya, sebelum Anting, sudah ada beberapa film lain yang dibuat oleh seniman atau sineas Batam. Amsakar yakin ke depannya, industri film bisa menjadi potensi baru bagi Batam. Iapun mengajak penggiat seni di Batam untuk terus menumbuhkan minatnya terhadap industri film.

"Saya bahagia hari ini. Semoga film Anting dapat diterima dan akan banyak karya spektakuler lainnya yang dihasilkan di Batam," ujarnya.

"Kalau saya tangkap cerita film ini, temanya soal pluralisme. Kalau ini dimasukkan ke media lewat seni, memang jauh lebih mudah dicerna masyarakat," sambung Amsakar. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved