ANAMBAS TERKINI

Perhatikan Keselamatan di Laut, Dishub-LH Anambas Ingatkan Pemilik Kapal

Akan kami ingatkan kembali. Memang untuk di Tarempa kalau kami lihat, sudah lengkap dan melengkapi kapalnya dengan jaket keselamatan

Perhatikan Keselamatan di Laut, Dishub-LH Anambas Ingatkan Pemilik Kapal
Tribun Batam/ Istimewa
Ilustrasi Life Jacket

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Keselamatan di laut kembali menjadi sorotan. Itu setelah anak sekolah yang biasa berangkat dan pulang menggunakan kapal kayu, cenderung abai dalam menggunakan jaket keselamatan.

Andi Agrial Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Kabupaten Kepulauan Anambas pun menilai, penggunakan jaket keselamatan selama pelayaran ini menjadi poin penting.

Pihaknya pun bakal mengingatkan kembali agar pemilik kapal yang mengangkut anak sekolah dan tenaga pengajar untuk bisa menggunakan jaket pengaman itu.

"Akan kami ingatkan kembali. Memang untuk di Tarempa kalau kami lihat, sudah lengkap dan melengkapi kapalnya dengan jaket keselamatan itu," ujarnya Jumat (31/8/2018).

Baca: Festival Moon Cake Anambas Targetkan Seribu Pengunjung

Baca: Tukang Bersih Dealer di Tanjungpinang Taklukkan Ular Besar

Baca: Timnas U16 Indonesia Sudah Tiba di Malaysia, Ini Perjalanan Panjang Garuda Muda di Pentas Asia

Ia menjelaskan, upaya untuk menghadirkan jaket keselamatan pun, coba dilakukan pada tahun depan. Langkah ini menurutnya penting agar ketersediaan jaket keselamatan memang benar-benar ada di kapal pompong, khususnya yang mengangkut pelajar dan tenaga pengajar itu.

Saat ini, terdapat dua puluh dua kapal pompong yang digunakan untuk mengangkut anak sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar.

"Artinya tidak hanya yang di sekitar Pulau Siantan saja. Namun, yang berada di pulau-pulau lain pun juga memerlukan jaket keselamatan ini saat kapal berlayar dan mengangkut mereka," ungkapnya.

Ia mengatakan, angkutan sekolah khususnya untuk armada di laut ini sebelumnya berada pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas. Namun dalam perkembangannya kewenangan tersebut kini dipegang oleh Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Pertemuan mengenai perpindahan kewenangan ini pun, sebelumnya juga dilakukan di ruang rapat Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas," bebernya. (tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help