BATAM TERKINI

Sejumlah Prestasi Diraih PTUN Tanjungpinang, Salah Satunya Refromasi Berikorasi, Berikut Rinciannya

"Pada pencapaian ini, kita meraih juara dua dari 900 pengadilan di seluruh indonesia," tutur Andri, Minggu (2/9/2018).

Sejumlah Prestasi Diraih PTUN Tanjungpinang, Salah Satunya Refromasi Berikorasi, Berikut Rinciannya
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
Ketua PTUN Tanjung Pinang, Andri Mosepa 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Dari tahun 2017 sampai September 2018, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang banyak meraih sejumlah prestasi.

Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang, Andri Mosepa mengatakan PTUN Tanjungpinang merpakan yang pertama meraih penilaian reformasi birokrasi nomor satu untuk PTUN.

Selanjutnya, meraih prestasi pencapaian penerapan reformasi birokrasi untuk empat lingkungan pengadilan yang saat ini hampir 900 pengadilan di seluruh Indonesia.

"Pada pencapaian ini, kita meraih juara dua dari 900 pengadilan di seluruh indonesia," tutur Andri, Minggu (2/9/2018).

Andri melanyebutkan, untuk pencapaian membangun zona integritas, ada enam pengadilan dari 900 pengadilan di Indonesia yang ditunjuk Makamah Agung Republik Indonesia (MA RI).

"Salah satunya PTUN Tanjungpinang juga masuk dari enam pengadilan yang ditunjuk MA RI," ungkapnya.

Baca: Malam Puncak Batik Fashion Week 2018, Marlin Rudi Ajak Masyarakat Beli Karya Anak Batam

Baca: Sedang Pidato, Najib Razak Diingatkan Istrinya: Jangan Banyak Bicara Nanti Dipanggil Polisi Lagi

Baca: Persib Bandung Banyak Kehilangan Pemain yang Gabung Timnas Indonesia, Begini Respon Mario Gomez

Menurutnya, PTUN Tanjungpinang juga telah berprestasi membuat satu inovasi e-Book untuk perkembangan kerja PTUN Tanjungpinang yang merupakan buku elektronik.

Sehingga ketika ingin membuka Standard Operational Procedure (SOP) pengadilan untuk melihat uraian tugas dan fungsi pengadilan terkait apa saja kewenangan pengadilan, cukup melihat dalam satu buku pedoman elektronik yang bisa dilihat dibagian informasi Center PTUN Tanjungpinang.

"Jadi disana orang bisa mengetahui SOP yang sudah dielektronikkan dan di online-kan. Dengan bisa dimuat dalam HP tanpa jaringan internet itu telah di launcing dan di resmikan tahun lalu," tuturnya.

selain itu PTUN Tanjungpinang juga mendapatkan penghargaan juara tiga dalam lomba pencapaian keterbukaan informasi yang diselenggarakan oleh kantor informasi publik se Kepri yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepri.

"Nah untuk terakhir kami ditunjuk MA RI mensosialisasikan aplikasi ecourt yang merupakan aplikasi gugatan elektronik yang sudah bisa langsung digunakan," ungkapnya.

Dia pun menambahkan, bahwa saat ini akreditasi PTUN Tanjungpinang mendapatkan penilaian A Excellent yang di sahkan oleh ketua Mahkamah Agung di Makassar pada November tahun 2017 lalu.

"Jadi dengan sejumlah prestasi ini, salah satu poin yang membuat MA RI percaya dan menunjuk kita sebagai percontohan dalam mesosialisasikan aplikasi e-Court," jelasnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help