Karimun Terkini

Ini Kelihaian Prajurit TNI AL Tanjung Balai Karimun Saat Mengikuti Gladi Tugas Tempur

Seluruh prajurit Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) mengikuti latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur).

Ini Kelihaian Prajurit TNI AL Tanjung Balai Karimun Saat Mengikuti Gladi Tugas Tempur
Tribun Batam
Pembukaan latihan Glagaspur Lanal TBK. 

TRIBUNBATAM. id, KARIMUN - Untuk meningkatkan kemampuan, profesionalisme dan kesiap siagaan personelnya, seluruh prajurit Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) mengikuti latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur).

Latihan ini yang digelar Komando Latihan Komando Armada I (Kolat Koarmada I) selama dua hari, yakni Senin (3/9/2018) dan Selasa (4/9) di Mako Lanal TBK, di jalan Nusantara, Kelurahan Tanjungnalai Kota, Kecamatan Karimun.

Baca: Ternyata Bukan Kita Saja, Prajurit TNI Juga Kerap Merindukan Makanan Satu Ini saat Latihan Tempur

Baca: Libatkan 5 KRI, Koarmabar Gelar Latihan Tempur di Laut Natuna Utara! Ini Tujuannya

Baca: Usai Latihan Tempur, Koarmabar Bagi-bagi Sembako dan Barsihkan Kampung Nelayan

Komandan Kolatarmada I, Kolonel Laut (P) Fauzi SE, M.M, dalam sambutannya mengatakan, tujuan latihan tak lain adalah untuk mencapai tugas pokok Lanal TBK. Dalam kegiatan dilaksanakna uji terampil Glagaspur TK2/P1 dan uji terampil Glagaspur TK2/P2

“Ini salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan, untuk menentukan tingkat kesiapan pangkalan TNI AL” kata Fauzi.

Dijelaskannya uji terampil Glagaspur TK2/P1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan persenjataan masing-masing. Sementara uji terampil Glagaspur TK1/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama, baik secara taktis ataupun teknis.

“Tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mepertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan satuan khususnya pangkalan,” kata perwira TNI AL yang pernah menjabat sebagai Danlanal TBK itu.

Pasintel Lanal TBK, Kapten Laut (E) Wahyu Prabudi yang mewakili Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro uji terampil Glagaspur sangat perlu dilaksanakan dalam rangka mendukung tugas dan fungsi serta penyelenggaraan pembinaan latihan.

“Dengan uji terampil ini akan dapat memberikan gambaran terhadap penguasaan keterampilan dan kemampuan perorangan maupun tim secara teknis dan taktis. Juga dapat terjalinnya kerjasama antara Pos Tempur, Pos Komando dan Pos Komando Utama yang dapat menunjukkan indikator tingkat kesiapan operasional dalam penggunaan kekuatan dalam mendukung penyelenggaraan tugas operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP),” ujar Wahyu.

Wahyu juga mengimbau kepada seluruh personel agar dapat menunjukan semangat dan motivasi yang tinggi serta menjalin kerjasama tim secara sinergis dan interaktif. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved