Pemko Batam Ubah Target APBD Perubahan 2018, Begini Perinciannya

Perubahan anggaran terjadi pada sejumlah komponen anggaran. Seperti Pendapatan Asli Daerah. Semula targetnya Rp 1,25 triliun, menjadi Rp 1,23 triliun

Pemko Batam Ubah Target APBD Perubahan 2018, Begini Perinciannya
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Pemko Batam melakukan perubahan target pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2018.

Hal ini terlihat pada rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD perubahan 2018.

Penerimaan daerah yang semula ditargetkan sebesar Rp 2,6 triliun, berubah menjadi Rp 2,5 triliun. Perubahan anggaran terjadi pada beberapa komponen anggaran. Seperti Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semula targetnya Rp 1,25 triliun, berubah menjadi Rp 1,23 triliun.

Baca: Sempat Dikabarkan Hilang, Bocah 7 Tahun Asal Nongsa Ditemukan di Jodoh. Ini Penjelasan Kapolsek

Baca: Hendak Tangkap Bung Karno, 5 Polisi Jepang Ini Kabur Takut dengan Bambu Runcing

Baca: Aksi Perampasan Ponsel di Sagulung, Sasar Perumahan. Pelaku Masih Remaja

"Dana perimbangan dari Rp 934,6 miliar menjadi Rp 926,4 miliar. Lain-lain pendapatan yang sah dari Rp 348,2 miliar berubah menjadi Rp 309,6 miliar," kata Wali Kota Batam, Rudi, Senin (3/9/2018) saat rapat paripurna di DPRD Kota Batam.

Perubahan juga terjadi untuk anggaran pembiayaan dari Rp 88,2 miliar menjadi Rp 65,8 miliar. Perubahan anggaran ini, lanjutnya dilaksanakan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 Tentang Perubahan Permendagri No.13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Di aturan itu disebutkan, pelaksanaan perubahan APBD disebabkan adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi yang telah ditetapkan sebelumnya," ujarnya.

Yakni terjadi pelampauan atau tidak tercapainya proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan ditetapkan dalam KUA. Hal ini berakibat harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja.

"Perubahan asumsi ini berpengaruh dalam struktur perubahan APBD Kota Batam. Kita ajukan perubahan karena ada rasionalisasi. Nanti DPRD lah yang akan membahasnya," kata Rudi.

Sementara itu untuk rancangan KUA-PPAS APBD Kota Batam 2019, Pemko Batam memproyeksikan target pendapatan sebesar Rp 2,65 triliun. Masing-masing untuk PAD sebesar Rp 1,3 triliun,

dana perimbangan Rp 963,01 miliar, lain-lain pendapatan yang sah Rp 302,8 miliar. Sedangkan untuk penerimaan daerah dari sisi pembiayaan diperkirakan mencapai Rp 70 miliar.

Halaman
12
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved