Ini Alasan Bupati Anambas Ingin Hadir di Acara Balai Seni Budaya Melayu

‎Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas menghadiri acara di Balai Seni Budaya yang berlokasi di Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan

Ini Alasan Bupati Anambas Ingin Hadir di Acara Balai Seni Budaya Melayu
Tribun/Septyan Mulia Rohman
Bupati Anambas Abdul Haris saat menanyakan proses pembuatan miniatur jongkong kepada pembuat suvenir yang ada di Balai Seni Budaya Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan Selasa (4/9/2018) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-‎Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas menghadiri acara di Balai Seni Budaya yang berlokasi di Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan.

Acara yang digagas oleh Lembaga Seni dan Budaya Tuah Sakti bekerjasama dengan salahsatu perusahaan migas yang memiliki base di Matak serta pelaku pengrajin kesenian dan suvenir, belakangan begitu menarik minat orang nomor satu di Anambas itu.

Di hadapan peserta workshop kerajinan tradisional, ia pun menyampaikan alasannya mengapa ia tetap berkeinginan untuk hadir meski workshop hanya diikuti oleh tujuh orang saja.

Baca: Alasan Cuaca, Keberangkan Kapal ke Lingga dari Tanjungpinang sempat Ditunda

Baca: Penyakit Asam Urat Dapat Disembuhkan Total? Begini Jawaban Ahlinya

Baca: Kasus Gantung Diri di Kedai Kopi, Begini Penjelasan Kapolsek Tanjungpinang Timur  

"Saya sudah lama, makanya saya tertarik untuk hadir. Menurut pandangan saya, industri pariwisata yang ada di suvenir ada daya ungkit perekonomian masyarakat," ujarnya Selasa (4/9/2018).

Kesiapan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) pun, menurutnya menjadi poin penting. Ia pun khawatir, ila hal ini tidak dipersiapkan dari sekarang, ‎ia khawatir masyarakat hanya menjadi penonton dan sulit untuk bersaing.

Ia pun tida mengelak, pelaku industri pariwisata seperti pembuat suvenir di Anambas terbilang banyak. Kendala dari sisi pemasaran, menurutnya menjadi hal yang harus dicari solusinya serta tidak sama dengan daerah wisata lain.

Bupati Anambas Abdul Haris saat menanyakan proses pembuatan miniatur jongkong kepada pembuat suvenir yang ada di Balai Seni Budaya Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan Selasa (4/9/2018
Bupati Anambas Abdul Haris saat menanyakan proses pembuatan miniatur jongkong kepada pembuat suvenir yang ada di Balai Seni Budaya Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan Selasa (4/9/2018 (Tribun/Septyan Mulia Rohman)

"Oleh karena itu ada hadir Organisasi Perangkat Daerah (OPD) makanya harus ada solusi. Paling tida harus ada showroom. Saya juga melihat, beberapa suvenir yang dibuat, belum ada tulisan Anambas. Paling tidak diuat sehingga Anambas bisa dikenal dan dibawa kemana-mana," bebernya.

Ketua panitia Asril Masbah, mengatakan, workshop ini awalnya ingin dilaksanakan pada bulan Agustus kemarin sekaligus memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

‎Workshop yang diadakan ini pun, menurutnya berawal dari pemikiran, ide serta gagasan yang menitikberatkan pada sektor pariwisata.
Mereka pun, bahkan melakukan survei secara sederhana pada beberapa iven dengan melihat langsung ke lokasi para pekerja ini.

"Kami melihat, dengan perkembangan turis yang sudah banyak berkunjung‎ ke Anambas, semacam kerajinan tradisional ini perlu juga untuk disiapkan," ungkapnya seraya mengatakan workshop yang diadakan berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 5 September 2018.

Perwakilan Managemen salahsatu perusahaan migas yang memiliki base di Matak (Premier Oil) Arpandi mengatakan, workshop yang dilakukan bisa memberikan manfaat bagi msyarakat, khususnya pelaku usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan.

Perusahaan pun, menurutnya memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas khususnya dalam mengembangkan perekonomian masyarakat. "Meski secara kuantitas mungkin kecil, namun secara kualitas Insya Allah terbaik dan terpilih di masing-masing kecamatan.

Kami pun juga mendorong dan memonitor hasil kerajinan yang dilakukan. Mengenai peserta para pengrajin seni yang punya keahlian yang luar biasa. Bagaimana bisa menghemat waktu dan biaya sehingga nilai jualnya lebih ekonomis dan lebih menarik," ungkapnya. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved