Satu Teknologi MotoGP Dipatenkan Yamaha, Apakah akan Diproduksi Massal?

Teknologi MotoGP ini membuat motor prototipe nomor satu ini bisa berpindah transmisi tanpa menarik tuas kopling dan tidak merusak power delivery.

Satu Teknologi MotoGP Dipatenkan Yamaha, Apakah akan Diproduksi Massal?
speedcafe.com
Yamaha YZR-M1, Motor pabrikan Yamaha di MotoGP 

TRIBUNBATAM.id - Seamless gearbox sudah lama digunakan di motor MotoGP, pertama Honda yang menjadi pemakainya, lalu semua pabrikan juga menggunakannya.

Teknologi MotoGP ini membuat motor prototipe nomor satu ini bisa berpindah transmisi tanpa menarik tuas kopling dan tidak merusak power delivery.

Nah, baru-baru ini, Yamaha dikabarkan sedang mengurus hak paten pembuatan transmisi seamless ini.

Hak paten ini sangat rumit, tapi secara umum, tujuan dari paten yang diklaim Yamaha adalah membuat transmisi serupa seamless di MotoGP.

.
. ()

Dilansir GridOto.com dari Visordown.com, teknologi yang dipatenkan Yamaha ini didesain untuk membuat aliran tenaga yang konstan bahkan saat melakukan pergantian transmisi.

Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya bahwa hal seperti ini sudah ada di motor produksi dengan adanya peranti berupa quickshifter.

Tapi pada kenyataanya peranti quickshifter masih memutus penggerak saat melakukan transmisi.

Sedangkan transmisi yang benar-benar seamless saat ini baru berupa sistem CVT (continuously variable transmission) seperti di motor matic dan juga sistem DCT (Dual Clutch Transmission) milik Honda.

Desain dari Yamaha ini sepertinya memungkinkan dua gir bergerak secara bersamaan sehingga penggerak bisa berpindah tanpa menghilangkan aliran tenaga.

Saat ini satu-satunya sistem transmisi seamless di MotoGP yang sudah terbongkar adalah miliki Aprilia, yakni menggunakan Zeroshift yang diproduksi Zeroshift Transmissions.

Sedangkan pabrikan lain tetap menjaga kerahasiaan sistem transmisi seamless mereka.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved