BATAM TERKINI

Susun Rencana Tata Ruang, Pemko Dapat Bantuan dari BIG

Badan Informasi Geospasial (BIG) siap memberikan bantuan pendampingan dalam menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk Kota Batam.

Susun Rencana Tata Ruang, Pemko Dapat Bantuan dari BIG
Jefridin Sekdako Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Badan Informasi Geospasial (BIG) siap memberikan bantuan pendampingan dalam menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk Kota Batam.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin yang mewakili Wali Kota Batam, Rudi, yang baru saja pulang dari pertemuan beberapa kepala daerah di kantor BIG di Jakarta, Selasa (04/09/2018) lalu. Di situ mereka melakukan penandatanganan kerjasama dengan BIG.

"Kerjasamanya itu terkait RTRW (rencana tata ruang wilayah) dan RDTR. Kami minta pendampingan dalam menyusun RDTR," kata Jefridin, Rabu (05/09/2018) di DPRD Kota Batam.

Baca: Tak Yakin Pematangan Lahan Masjid Agung Selesai 30 April, Jefridin Minta Ini ke Dinas Bina Marga

Baca: Kepri Kini Punya Perda RTRW yang Mengatur Rencana Wilayah untuk Investasi dan Pemukimanan

Baca: DPRD Karimun Dukung Pulau Asam jadi KEK, Revisi Perda RTRW Tunggu Ketuk Palu!

Diakuinya, penyusunan RDTR umumnya dilakukan apabila RTRW sudah ada. Sementara saat ini, aturan baru terkait RTRW Batam masih dalam pembahasan antar instansi Pemko Batam dan DPRD Kota Batam.

"Tapi tak apa, kita siapkan juga RDTR. Mereka siap mendampingi kita walaupun belum ada RTRW," ujarnya.

Jefridin membenarkan, saat ini foto udara dari langit Batam masih sekitar 70 persen. Sisanya akan diselesaikan sesuai jadwal yang ada.

"Batam ini ada hambatannya. Awan, hujan. Makanya tak bisa cepat diselesaikan, agak lambat tergantung alam di atas bumi Batam," kata Jefridin.

Dalam hal ini, pemerintah pusat memberikan bantuan pendampingan sebesar Rp 2 miliar untuk Pemko Batam. Jumlah itu memang tidak cukup sebenarnya.

"Memang tak cukup. Nanti kita bantu tambah dari dana yang ada," ujarnya. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help