Wabup dan Kepala Dinas Perikanan Anambas Bahu Membahu Wujudkan Balai Benih di Siantan Tengah

Usulan kepada pemerintah pusat untuk membangun balai benih di Anambas terus dicoba Dinas Perikanan

Wabup dan Kepala Dinas Perikanan Anambas Bahu Membahu Wujudkan Balai Benih di Siantan Tengah
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Ikan Napoleon atau yang akrab disapa Ketipas oleh masyarakat Anambas. Anambas menjadi satu dari puluhan kabupaten yang ditetapkan menjadi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Foto ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Usulan kepada pemerintah pusat untuk membangun balai benih di Anambas terus dicoba Dinas Perikanan.

Effi Sjuhairi, Kepala Dinas Perikanan Anambas mengatakan, dokumen perencanaan termasuk studi kelayakan telah disampaikan ke pemerintah pusat pada bulan Juli 2018.

Dinas menurutnya, menyiapkan Kecamatan Siantan Tengah sebagai lokasinya kelak.

"Kami sudah ajukan ke pusat. Mulai dari studi kelayakan, perencanaan dan proposal yang berkaitan dengan hal itu sudah kami sampaikan," ujarnya Jumat (7/9/2018).

Baca: Usulkan 100 Ribu Guru Baru, Ini Syarat CPNS 2018 Formasi Tenaga Pendidik. Simak Baik-baik

Baca: Seperti Nyamuk, Pesawat Ternyata Bisa Tularkan Wabah Penyakit. Begini Penjelasannya Ahlinya

Kerambah ikan Napoleon milik Dodo di Desa Air Sena, Kecamatan Siantan Tengah, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (1/3/2015).
Kerambah ikan Napoleon milik Dodo di Desa Air Sena, Kecamatan Siantan Tengah, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (1/3/2015). (tribunnews batam/sm rohman)

Baca: Begini Aturan Dandan Para Polwan, Make Up Sembarangan Kena Hukuman. Ini Alasannya

Baca: Pendaftaran CPNS Mulai Tanggal 19 September? Begini Penjelasan Kepala Badan Kepegawaian Nasional

Ia menambahkan, hadirnya Balai benih diharapkan dapat meningkatkan sektor perikanan yang ada di Anambas.

Alokasi anggaran yang terbilang besar, menjadi salahsatu faktor mengapa rencana pembangunan Balai Benih itu diusulkan ke pemerintah pusat.

"Harapan kami seperti itu. Sehingga, sektor perikanan yang menjadi salahsatu potensi andalan di Anambas dapat maksimal," ungkapnya.

Dipilihnya Kecamatan Siantan Tengah, menurutnya selain posisi strategis juga sejumlah desa warganya bermatapencarian nelayan tangkap dan budidaya.

Rencana hadirnya Balai benih di Anambas sudah digagas sejak tahun 2017 kemarin. Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhedra bahkan turun langsung mencari lokasi pembangunannya kelak.

"Tentunya ada syarat yang harus dipenuhi. Seperti kondisi wilayah. Sehingga mungkin menjadi pertimbangan," ujarnya beberapa waktu lalu. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help