ANAMBAS TERKINI

MV Blue Sea Jet Naik Docking, Transportasi di Anambas Jadi sorotan ‎

"Harus segera ada solusinya. Jangan terkesan dibiarkan. Justru berbahaya bagi sektor pariwisata yang sedang tumbuh," ungkapnya.

MV Blue Sea Jet Naik Docking, Transportasi di Anambas Jadi sorotan ‎
TRIBUNBATAM/SEPTYAN MULIA ROHMAN
MV Batam Blue Sea Jet saat mencoba sandar di Pelabuhan Tarempa. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Moda transportasi penghubung dari Pulau Jemaja ke Tarempa kembali menjadi perbincangan. Itu setelah ferry Blue Sea Jet dengan rute Batam-Letung-Tarempa dikabarkan tidak beroperasi dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, ferry menjadi andalan untuk menghubungkan penumpang dari Letung ke Tarempa, termasuk penumpang maskapai komersil yang ingin mencapai Tarempa.

Jap Jhoni agen tiket ferry Blue Sea Jet mengatakan, ‎‎dari informasi yang didapat dari management, kapal akan menjalani perawatan (docking) sehingga pada 16 September merupakan pelayaran terakhir ferry dengan jenis Catamaran itu.

"Informasi dari manejemen seperti itu. Karena memang sudah masuk jadwalnya," ujarnya Minggu (9/9/2018).

Baca: Lomba Ketinting dan Sampan Layar Semarakan Kenduri Laut dan Pengobatan Gratis

Baca: Gantikan Mourinho, Zinedine Zidane Sudah Punya Daftar Pemain yang Dibawa ke Manchester United

Baca: Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram, Peringatan Perjalanan Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah

Perlunya moda transportasi penghubung ini pun, belakangan menjadi perhatian sejumlah pihak. Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Amat Yani salah satunya.

Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini meminta agar ada solusi segera yang dilakukan Pemerintah Daerah mengenai moda transportasi penghubung ini.

Menurutnya, kapal dengan kapasitas mencapai ratusan orang ini, memiliki kemampuan yang layak untuk menempuh rute pelayaran dari Batam ke Anambas.

"Harus segera ada solusinya. Jangan terkesan dibiarkan. Justru berbahaya bagi sektor pariwisata yang sedang tumbuh," ungkapnya.

Menurutnya, terdapat dua skema yang mungkin bisa ditempuh agar moda transportasi penghubung seperti ferry dapat beroperasi dengan optimal di Anambas. Selain memberikan subsidi ‎kepada ferry, seruan untuk menggunakan ferry yang layak bisa menjadi alternatif agar ferry Batam dapat berjalan dengan optimal.

"Jangan terkesan dibiarkan berlarut-larut. Harus ada langkah nyata yang segera dilakukan," ungkapnya.

Selain ferry Blue Sea Jet, terdapat ferry tujuan Tanjungpinang-Letung-Tarempa yang beroperasi ‎selama tiga kali dalam satu minggu.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved