Pesawat Jatuh di Danau di Sudan Selatan, 19 Penumpang Tewas. Dua Anak Selamat, Begini Kejadiannya

Sebanyak 19 orang dilaporkan tewas setelah sebuah pesawat kecil jatuh ke sebuah danau di Sudan Selatan, Minggu (9/9/2018)

Pesawat Jatuh di Danau di Sudan Selatan, 19 Penumpang Tewas. Dua Anak Selamat, Begini Kejadiannya
AFP/RADIO MYRAYA
Kondisi pesawat terbang kecil yang membawa 23 penumpang, setelah terjatuh di danau di Sudan Selatan, Minggu (9/9/2018) 

TRIBUNBATAM.ID, YIROL-Sebanyak 19 orang dilaporkan tewas setelah sebuah pesawat kecil jatuh ke sebuah danau di Sudan Selatan, Minggu (9/9/2018).

Empat penumpang lain dikabarkan selamat setelah pesawat yang membawa 23 penumpang itu mengalami kecelakaan saat hendak mendarat di kota Yirol, negara bagian Eastern Lakes.

"Jumlah korban tewas kami konfirmasi sebanyak 19 orang dan empat orang lainnya selamat," kata pejabat menteri informasi regional untuk negara bagian Eastern Lakes, Taban Abel Aguek, dilansir AFP.

Baca: Belalai Berfungsi Vital, Anak Gajah Ini Kehilangan Belalainya, Dapatkah Dia Bertahan Hidup?

Baca: Rumah Jack Ma Harganya Rp 2,8 Triliun, Hanya Kalah dari Rumah Pangeran Arab. Begini Penampakannya

Baca: Inilah Dua Khasiat Unik Madu, Obati Luka Tubuh dan Usir Bau Mulut. Begini Caranya!

Baca: Mengapa Anak Pertama Presiden Soeharto Dipanggil Mbak Tutut? Begini Sejarahnya

Ditambahkan Abel, di antara korban selamat terdapat dua anak-anak berkewarganegaraan Italia. Sementara di antara korban tewas, salah satunya adalah Uskup Anglikan Yirol, Simon Adut.

Korban tewas lainnya, tanpa menyebut nama, adalah pilot dan kopilot, seorang anggota staf Komite Internasional Palang Merah, warga Uganda pemilik klinik swasta di Yirol, seorang pejabat pemerintah serta dua perwira tentara.

Penyelidikan masih dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti jatuhnya pesawata. Namun saat insiden terjadi cuaca sedikit berkabut. "Pesawat yang jatuh adalah pesawat komersial. Saat pesawat akan mendarat cuaca berkabut dan itu bukanlah situasi yang baik untuk pendaratan pesawat," kata Abel.

Kecelakaan pesawat yang disebabkan kelebihan muatan kerap terjadi di Sudan Selatan. Pada 2015, sebuah pesawat Antonov dari era Soviet terjadi sesaat setelah lepas landas di Juba, dan menyebabkan 36 orang tewas.

Kemudian pada 2017, sebuah pesawat berpenumpang 37 orang menabrak truk pemadam kebakaran di landasan di barat laut Wau sebelum akhirnya terbakar. (AFP)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pesawat Jatuh ke Danau di Sudan Selatan, 19 Penumpang Tewas

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help