Hari Olahraga Nasional 2018 dalam Euforia Asian Games 2018! Ini Sejarah Awal Haornas Diperingati

Semenjak saat itulah, momen pembukaan PON I pada 9 September 1948 itu diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional 2018 dalam Euforia Asian Games 2018! Ini Sejarah Awal Haornas Diperingati
TWITTER/KEMENPORA RI
Hari Olahraga Nasional 2018 

TRIBUNBATAM.id - Euforia Asian Games 2018 masih terasa sampai sekarang. Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah dan penyelenggara perhelatan akbar Benua Asia sangat baik.

Selain itu, kontingen Indonesia juga mencatatkan namanya pada klasemen empat perolehan medali. Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee) selaku penyelenggara Asian Games 2018 mendapat banyak apresiasi dari berbagai organisasi olahraga dunia.

Namun, jika kita sejenak menoleh ke belakang, terdapat ajang pesta olahraga pertama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia.

Baca: Puasa 10 Muharram Bisa Hapuskan Dosa Kecil Setahun. Ini Lafadz dan Niat Puasa Asyura

Baca: HasiL Lengkap & Klasemen MotoGP Setelah GP San Marino. Andrea Dovizioso Geser Valentino Rossi

Baca: Egy Maulana Vikri Jalani Debut di Tim Utama Lechia Gdansk. Tunjukkan Kecepatan Lewati Pemain Lawan

Pesta olahraga berjuluk "Pekan Olahraga Nasional (PON)" merupakan ajang olahraga yang melibatkan atlet terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan itu diadakan empat tahun sekali. Mereka berkumpul dalam satu tempat dan bertanding memperebutkan medali dari berbagai cabang olahraga.

Pada awalnya, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) ingin mempersiapkan atlet Indonesia untuk mengikuti ajang Olimpiade Musim Panas XIV di London pada 1948.

Berbagai kendala dihadapi oleh atlet Indonesia karena status PORI belum menjadi anggota Internasional Olympic Committee (IOC).

Selain itu, status Indonesia dalam dunia Internasional juga belum jelas karena pengaruh Belanda.

Paspor atlet Indonesia tak diakui oleh Inggris. Sedangkan, atlet-atlet Indonesia hanya bisa berpartisipasi di London dengan memakai paspor Belanda.

Berbagai upaya pendekatan dilakukan Indonesia kepada Inggris, namun hasilnya nihil. Untuk mengatasi ini semua, PORI ingin menghidupkan acara olahraga bertaraf nasional yang diikuti oleh berbagai Provinsi di Indonesia.

Halaman
123
Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help