BATAM TERKINI

Menyambut 1 Muharram 1440 H, Pemko Batam Gelar Dzikir dan Doa Akhir dan Awal Tahun

Pemerintah Kota Batam menggelar dzikir, doa akhir tahun dan doa awal tahun tingkat Kota Batam

Menyambut 1 Muharram 1440 H, Pemko Batam Gelar Dzikir dan Doa Akhir dan Awal Tahun
(islamidia)
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah, Pemerintah Kota Batam menggelar dzikir, doa akhir tahun dan doa awal tahun tingkat Kota Batam, Senin (10/9/2018) bertempat di Masjid Agung Batam di Batam Center.

Kegiatan akan dimulai usai salat Ashar.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yudi Admaji mengimbau masyarakat muslim untuk hadir pada kegiatan tersebut, baik tua maupun muda.

Tujuannya selain sebagai peringatan tahun baru Islam, sekaligus untuk menegakkan kembali syiar-syiar Islam khususnya di Kota Batam.

"Kami mengimbau masyarakat bisa menghadiri doa bersama di penghujung akhir tahun 1439 Hijriah. Kita harapkan Batam lebih baik lagi ke depannya di tahun baru Islam ini," kata Yudi kepada Tribun di ruang kerjanya.

Zikir dan doa bersama tersebut, akan dipimpin Ustaz Asep Robbani.

Baca: Puasa Muharram hingga Santuni Anak Yatim, Simak Amalan Bulan Muharram yang Disunnahkan Berikut Ini

Baca: 1 Muharram 1440 H - Doa Akhir Tahun & Doa Awal Tahun Baru Islam 1440 H dalam Bahasa Arab & Indonesia

Baca: Kapan Puasa 10 Muharram Atau Puasa Asyura 2018 Dilaksanakan? Simak Juga Keutamaannya

Kemudian dilanjutkan dengan tausiah agama yang akan diisi penceramah dari Jakarta, Ustaz Hilmi Firdausi.

Selain zikir dan doa bersama, ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriah.

"Di berbagai kecamatan di Kota Batam juga dilakukan peringatan. Seperti malam ini di Batuampar. Ada tradisi tahunan, pawai obor dan tausiah agama," ujarnya.

Sebelumnya, peringatan Tahun Baru Islam juga dilaksanakan di Kecamatan Sekupang, Minggu (9/9/2018) malam menghadirkan Ustadz Sampan.

Sementara untuk tingkat Kota Batam sendiri, Selasa (11/9/2018) pagi bertempat di Dataran Engku Putri Batam, akan diadakan pawai peringatan Tahun Baru Islam.

Pesertanya TPA/TPQ se-Kota Batam lebih kurang mengikutsertakan 3.000-an santriawan dan santriwati. Kegiatan ini dilombakan.

"Kegiatan dilepas pak Walikota. Rutenya nanti di seputaran Batam Center. Peringatan Tahun Baru Islam ini kita lakukan untuk syiar Islam, dengan harapan anak muda, generasi milenal sekarang juga tahu pentingnya Tahun Baru Islam selain Tahun Baru Masehi," kata Yudi.

Puncak rangkaian Tahun Baru Islam tingkat Kota Batam ini, lanjutnya, sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Disejalankan dengan safari dakwah Ustadz Abdul Somad ke Batam. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved