Giliran Presiden Korea Selatan Ajak Jokowi Blusukan ke 'Tanah Abang'-nya Seoul

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ternyata tak mau kalah dengan Presiden Joko Widodo yang suka mengajak blusukan tamu negara ke pasar.

Giliran Presiden Korea Selatan Ajak Jokowi Blusukan ke 'Tanah Abang'-nya Seoul
Twitter Dede Budiarto
Suasana blusukan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Jokowi ke Pasar Dongdaemun di Seoul, Senin (10/9/2018) malam. 

TRIBUNBATAM.id, SEOUL - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ternyata tak mau kalah dengan Presiden Joko Widodo yang pernah mengajaknya blusukan ke pasar saat kunjungan ke Indonesia.

Setelah mengikuti jamuan makan malam di Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana diajak oleh Presiden Korea Selatan Moon jae-in blusukan ke pusat belanja di wilayah Dongdaemun, Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9/2018) malam waktu setempat.

Seperti dilansir TRIBUNBATAM.id dari kantor Berita Antara,  Dongdaemun merupakan pusat belanja seperti Tanah Abang di Jakarta.

Tiba di Dongdaemun sekitar pukul 19.30 waktu setempat, kedua Kepala Negara itu langsung menikmati Rose Garden, sebutan untuk ribuan mawar buatan dilapisi lampu LED dan sentuhan teknologi mutakhir yang membentuk sebuah taman.

Dari Rose Garden, Presiden Moon dan Presiden Jokowi menuju ke pusat belanja pakaian, Dongdaemun Design Plaza.

Jokowi dan Iriana tampak antusias. Iriana bahkan membeli pakaian di Design Plaza.

Baca: Presiden Jokowi Beri Kejutan bagi WNI di Korea Selatan. Ada Aplikasi Baru Layanan WNI di Luar Negeri

Jokowi mengatakan, harga yang cukup murah dan tempat yang tertata rapi dengan hampir 30 ribu pedagang menjadikan Dongdaemun daya tarik wisatawan.

Presiden menyebutkan, Dongdaemun bisa dijadikan model di Indonesia untuk mendirikan tempat belanja murah dan rapi.

Setelah berkeliling pasar hampir satu jam, Presiden Jokowi dan Presiden Moon beserta rombongan meninggalkan pusat belanja tersebut.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung kembali ke hotel tempat menginap.

Pada November tahun lalu, saat Presiden Moon berkunjung ke Jakarta, Presiden Jokowi juga mengajak Presiden Korsel itu untuk blusukan ke sebuiah mal di Bogor.

Presiden Moon kemudian membeli kemeja batik di sebuah toko dan ia sangat antusias dengan blusukan tersebut karena untuk pertama kalinya diajak keliling pasar saat kunjungan ke luar negeri.

Tak hanya Moon, Presiden Jokowi juga pernah mengajak bos Facebook Mark Zuckenberg ke Tanah Abang Jakarta.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-In terlihat gembira diajak Presiden Jokowi ke Mal BTM, Bogor, Kamis (9/11/2017) sore.
Presiden Korea Selatan Moon Jae-In terlihat gembira diajak Presiden Jokowi ke Mal BTM, Bogor, Kamis (9/11/2017) sore. (Tribun Bogor)
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved