Anambas Terkini

Hebat! Anak Suku Laut di Siantan Selatan Lolos Seleksi Bintara TNI AD. Ini Sosok Orang yang Membantu

Anak Suku Laut dari Desa Mengkait Kecamatan Siantan Selatan menorehkan prestasi.

Hebat! Anak Suku Laut di Siantan Selatan Lolos Seleksi Bintara TNI AD. Ini Sosok Orang yang Membantu
Tribun Batam
Beni saat menjalani pemeriksaan fisik dalam seleksi penerimaan calon bintara tahun 2018. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Anak Suku Laut dari Desa Mengkait Kecamatan Siantan Selatan menorehkan prestasi.

Beni, remaja berusia sembilan belas tahun yang lulus pada seleksi calon bintara TNI Angkatan Darat tahun 2018. Lahir dari keluarga nelayan, ia pun berhasil melalui tahapan seleksi yang dilakukan di Rindam I/Bukit Barisan di Pematang Siantar Provinsi Sumatra Utara itu.

Baca: Penganiayaan Bintara Berujung Maut, Pelaku Cemburu Istrinya Makan Siang dengan Korban

Baca: 49 Orang Pemuda Kepri Ikut Calon Bintara TNI AU. Ini Tahapan Tes yang Harus Dilalui

Baca: Penerimaan Bintara TNI AU di Tanjungpinang, Inilah Tes yang Harus Dilewati 49 Peserta di Lanud

Saat ini, Beni sedang mengikuti pendidikan selama lebih kurang tujuh bulan lamanya sebelum melanjutkan kecabangan selama empat bulan.

"Ada lima orang yang sebelumnya mendaftar untuk mengikuti seleksi calon bintara tahun 2018 ini. Hanya saja, satu orang yang dinyatakan lulus dalam seleksi calon bintara pada tahun ini," ujar Komandan Rayon Militer 02/Tarempa Kodim 0318/Natuna Kapten Inf Syamsuwarno Jum'at (14/9/2018).

Dipilihnya Beni untuk mengikuti seleksi calon bintara, berawal dari Babinsa Koramil 02/Tarempa yang melihat potensi Beni. Beberapa hal yang menjadi perhatian mulai dari postur tubuh, kesehatan umum setidaknya menjadi perhatian awal Babinsa yang bertugas di wilayahnya masing-masing.

Babinsa pun, menurutnya mengeluarkan rekomendasi agar Beni bisa mengikuti seleksi calon bintara.

Selain pendaftar pada calon bintara, terdapat empat orang yang dinyatakan lulus pada seleksi calon tamtama dari keseluruhan enam orang pada gelombang tahap pertama di tahun 2018 ini.

"Untuk pembukaan seleksi calon tamtama gelombang kedua direncanakan dibuka pada bulan Oktober ini. Mudah-mudahan, bisa kami tingkatkan lagi," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2017, terdapat enam dari keseluruhan sembilan orang yang dinyatakan lulus dalam seleksi calon tamtama.

Kemudian, lima orang dari keseluruhan dua puluh dua orang yang lulus mengikuti seleksi calon bintara. Mayoritas pendaftar, gagal pada tes kesehatan dan psikologi.

Syamsuwarno pun punya kiat khusus bagi pelamar yang mengikuti tahapan seleksi. Satu bulan sebelum pendaftaran dibuka, pembinaan sudah dilakukan di Kodim 0318/Natuna agar pendaftar dapat mengikuti tahapan seleksi dengan optimal.

Ia pun berharap, animo masyarakat khususnya generasi muda untuk mendaftar menjadi anggota TNI dapat terus meningkat. "Kami harapkan ada Beni Beni yang lain untuk mengabdi menjadi anggota TNI," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help