FORMULA 1

Dulu Rio Haryanto Didepak Karena Uang, Kini Penggantinya Disingkirkan Oleh Nepotisme

Dua tahun berlalu, kini nasib yang dialami Rio Haryanto dialami oleh Esteban Ocon yang menggantikannya di Manor Racing di pertengahan musim

Dulu Rio Haryanto Didepak Karena Uang, Kini Penggantinya Disingkirkan Oleh Nepotisme
Sky Sports
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton dan pebalap Force India Esteban Ocon 

TRIBUNBATAM.id, SINGAPURA - Jangan pernah bermimpi menjadi pebalap Formula 1 jika tak membawa uang banyak atau keluarga berpengaruh.

Itulah yang dialami oleh pebalap muda Indonesia Rio Haryanto, beberapa tahun lalu. 

Rio Haryanto didepak dari kokpit Formula 1 tahun 2016 karena tak mampu membayar sisa uang kontrak cuntuk satu misim penuh oleh Manor Racing.

Kursi Rio haryanto kemudian digantikan oleh pembalap junior Mercedes AMG Petronas dan Renault F1, Esteban Ocon mulai race ke 13 sampai akhir musim, pada Bulan Agustus.

Pada musim berikutnya, lagi-lagi tidak ada tim yang mau mengambil pebalap muda Indonesia tersebut ke lintasan sehingga karir Rio Haryanto pun terhenti.

Banyak yang kecewa terhadap diskriminasi yang diterima Rio, termasuk bos Sepang International Circuit yang kemudian mencoret Formula 1 mulai 2018.

Baca: Kemampuan Balapnya Makin Menjanjikan, Ferrari Buka Pintu bagi Putra Schumacher

Pasalnya, keberadaan Rio Haryanto sebagai satu-satunya pebalap Asia adalah magnet tersendiri bagi penonton jet darat itu datang ke sirkuit.

Dua tahun berlalu, kini nasib yang dialami Rio Haryanto dialami oleh Esteban Ocon yang setelah dari Manor pindah ke Force India.

Pebalap Prancis berusia 22 tahun itu didepak dari kursi Force India dan pada GP 2019 ini sepertinya akan menghentikan karirnya di Formula 1.

Lance Stroll menggantikan Ocon karena ayahnya membeli Force India

Pasalnya, Force India diambil-alih oleh miliarder Kanada, Lawrence Stroll dan mobil Ocon langsung diambil alih oleh anaknya, Lance Stroll yang saat ini membalap di Williams.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help