BATAM TERKINI

Dua Kali Dibuka, Lelang Direktur Badan Usaha Kepelabuhanan Sepi Peminat

"BUP, kita sudah dua kali buka. Dua-duanya tak ada yang daftar," kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin

Dua Kali Dibuka, Lelang Direktur Badan Usaha Kepelabuhanan Sepi Peminat
TRIBUNBATAM/ROMA ULY SIANTURI
Sekdako Batam Jefridin 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Lelang terbuka untuk pendaftaran direktur Badan Usaha Kepelabuhan (BUP), sepi peminat. Bahkan bisa dibilang nihil.

Sudah dua kali dibuka pendaftaran seleksi. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, tidak ada seorangpun yang berminat melamar di posisi tersebut.

"BUP, kita sudah dua kali buka. Dua-duanya tak ada yang daftar," kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, Senin (17/9/2018).

Jefridin tak tahu pasti penyebabnya. Jika karena informasi terkait hal itu tak tersebar luas, ia membantahnya.

"Tak lah. Sudah masuk web, email kita. Tak tahu kenapa (tak ada daftar). Yang jelas secara ketentuan sudah kita lakukan," ujarnya.

Lantas apa yang dilakukan? Jefridin mengatakan, pihaknya akan berkonsultasi dengan pihak berwenang. Dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri.

"Kalau sudah dua kali lelang, boleh tak pakai tunjuk langsung selaku pemegang saham? Ini kan ada aturan mainnya. Kalau boleh, kewenangan RUPS (rapat umum pemegang saham) lah yang akan menentukan," kata Jefridin.

Baca: Tidak Bayar Tagihan Air, Ketua RW Ini Malah Dilaporkan Warganya ke Polisi

Baca: Postingan Mirip Janin Hebohkan Karimun, Polisi Belum Temukan Bukti

Baca: Satlantas Polres Karimun Gelar Servis Gratis saat Peringatan Ulang Tahun ke-63

Ia melanjutkan, berdasarkan ketentuan baru, untuk posisi direktur dan komisaris badan usaha milik daerah, mestilah dilakukan dengan mekanisme lelang. Tak otomatis langsung jabatan komisaris diemban sekretaris daerah.

"Persoalan nanti hasil tes, sekda menang bisa saja. Tapi tetap ikut mekanisme yang ada," ujarnya.

Sekadar untuk diketahui, selama ini posisi Direktur BUP Batam dijabat Falaisuf. Dari laporan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan pada KUA/PPAS APBD Perubahan 2018, deviden bagian laba Pemerintah Kota Batam pada BUP tetap sesuai target. Yakni sebesar Rp 850 juta.

Sebelumnya diberitakan, seleksi Direktur PT Pelabuhan Batam Indonesia, sudah dibuka sejak 15 Agustus lalu, kemudian diperpanjang September ini. Sebelumnya, Direktur BUP Batam dijabat Falaisuf. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved