CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018: Pendaftar di Pulau Terdepan Harus Mengejar Sinyal Internet

Pendaftaran yang wajib menggunakan laman online resmi yang dikeluarkan dari BKN, memang menjadi tantangan tersendiri.

Pendaftaran CPNS 2018: Pendaftar di Pulau Terdepan Harus Mengejar Sinyal Internet
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN
Ilustrasi seleksi CPNS 

TRIBUNBATAM.id - Tinggal sehari lagi penerimaan CPNS dibuka melalui online di sscn.bkn.go.id. Ribuan bahkan puluhan ribu calon pendaftar bersiap-siap dengan berkas dan persyaratan yang diperlukan.

Tapi rasa campur aduk, waswas, optimis, dan gembira justru dirasakan para calon pendaftar yang berada di pulau-ulau terpencil, terutama wilayah terdepan wilayah Indonesia. Persoalan utamanya adalah khawatir dengan akses internet, sehingga tidak maksimal dalam mengakses website pendaftaran.

Baca: CPNS 2018 - Hanya di sscn.bkn.go.id! Waspada Server Down, Ini Cara Mengantisipasinya

Baca: Kubu Jokowi Intens Gaet Ketua Dewan Pembina PAN

Baca: Besok Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Buka, BKN Prediksi Pendaftar Capai 6 Juta Orang

Salah satunya yang dialami oleh para warga yang berada di Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Kabupaten Anambas merupakan wilayah yang terdiri dari banyak gugusan pulau. Kabupaten Anambas Ibukotanya adalah Terempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.

Bagaimana nasib para pendaftar? Di wilayah itu akses internet masih sangat minim. Sinyal pun timbul tenggelam.

Menghadapi kenyataan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas mengimbau kepada calon pendaftar CPNS yang ada di Anambas untuk bisa menggunakan sejumlah lokasi yang mendukung akses internet.

Beberapa lokasi seperti di sekitar area NOC Palapa Ring Barat (PRB) di Air Padang Kecamatan Siantan termasuk sejumlah titik yang diketahui memperoleh layanan akses 4G, menjadi alternatif bagi calon pelamar CPNS pada tanggal 19 September 2018 dan seterusnya saat pendaftaran masih dibuka. 

"Untuk proses pendaftaran, calon peserta bisa mendaftar pada sejumlah titik yang bisa mengakses internet dengan cepat," ujar Japrizal kepada Tribunbatam.id, pekan kemarin.

Ia menjelaskan, proses pendaftaran yang wajib untuk menggunakan laman online resmi yang dikeluarkan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), memang menjadi tantangan tersendiri. Koordinasi dengan pihak Palapa Ring Barat (PRB) untuk mendukung proses penerimaan CPNS di Anambas pun, coba dilakukan berkaitan dengan akses internet untuk keperluan pendaftaran hingga tahapan yang harus ditempuh. Dari koordinasi yang dilakukan diketahui, kalau perwakilan PRB bersedia untuk mnyediakan akses bandwidth tersebut. 

"Baru sebatas berkoordinasi. Sebelum rapat bersama di aula kantor Bupati kemarin, memang sudah kami sampaikan. Memang dari pimpinan menyampaikan agar akses internet ini menjadi perhatian," ungkapnya.

Ia mengatakan, dari koordinasi dengan pihak PRB, selain meminta agar kapasitas bandwidth pada masa trial bisa dimaksimalkan, pihaknya juga meminta agar bandwidth yang ada untuk bisa dilepas di ruangan nanti untuk keperluan tes dan proses pendaftaran. 

Dari koordinasi dengan Palap Ring Barat (PRB) juga diketahui, pihaknya tidak bertanggungjawab bila dalam masa pemakaian terdapat gangguan seperti putusnya kabel serat kaca maupun server pada laman online yang resmi yang mengalami gangguan.

"Mereka menyampaikan seperti itu. Artinya, memang di luar kemampuan dan tanggungjawab mereka. Kami pun juga berupaya maksimal untuk menghadirkan akses internet pada masa pembukaan CPNS ini, khususnya saat hari H," bebernya. 

Seperti diketahui, terdapat 147 orang formasi untuk tenaga pendidikan, 119 orang untuk formasi kesehatan, serta formasi teknis sebanyak 30 orang. Pendaftaran pun, menurutnya bisa dilakukan pada tanggal 19 September 2018. Adapun untuk pelaksanaan tes, mulai dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2018. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Purwoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved