BATAM TERKINI

BP Batam Gelar Bakti Sosial, Gratis Operasi Bibir Sumbing dan Bersih-Bersih Telinga

Menyambut Hari Bakti Badan Pengusahaan (BP) Batam ke-47 tahun, BP Batam menggelar berbagai kegiatan, baik di bidang olahraga maupun seni budaya.

BP Batam Gelar Bakti Sosial, Gratis Operasi Bibir Sumbing dan Bersih-Bersih Telinga
Tribunbatam.id
Ketua Panitia hari Bhakti BP Batam dr Sigit Riyanto 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Menyambut Hari Bakti Badan Pengusahaan (BP) Batam ke-47 tahun, BP Batam menggelar berbagai kegiatan, baik di bidang olahraga maupun seni budaya. Tak ketinggalan kegiatan sosial.

Ketua Tim Bakti Sosial dr Sigit Riyanto mengatakan, rangkaian kegiatan bakti sosial akan diisi dengan tiga kegiatan utama. Yakni bantuan Sosial, kegiatan bakti kesehatan, dan kegiatan bakti kebersihan dan penghijauan.

"Untuk bakti kesehatan ada dua kegiatan yang akan kami laksanakan. Bersih-nersih telinga pada 5 Oktober 2018 dan operasi bibir sumbing pada 12-13 Oktober 2018," kata Sigit yang juga Direktur Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP) dalam rilis yang diterima Tribun.

Tujuan bakti sosial itu lanjutnya, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Batam. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia (lansia). Kegiatan ini juga termasuk dalam kegiatan nasional, karena merupakan kegiatan untuk mencegah tuli.

Baca: BP Batam Tetap Optimis Perusahaan PMA Masuk ke Batam

Baca: BP Batam Gelar Lomba Olahraga, Seni dan Budaya Saksikan Pertandingannya

Baca: PT Nagano Drilube Indonesia Tutup dan Pemilik Kabur, Ini Kata BP Batam

Sigit mengatakan, salah satu pemicu tuli karena infeksi telinga. Infeksi ini bisa dicegah, yaitu dengan dibersihkan oleh dokter spesialis THT. Begitu pula dengan kegiatan operasi bibir sumbing.

Ia menilai, bibir sumbing mampu menurunkan kepercayaan diri anak, sehingga dapat mempengaruhi kondisi psikis anak hingga dewasa nanti. Sehingga atas dasar itulah RSBP mengadakan kegiatan operasi ini.

"RSBP akan bekerjasama dengan tenaga medis dari Alumni Fakultas Kedokteran UGM ’84, PERHATI Batam dan PGPKT Batam untuk pelaksanaan kegiatan bersih-bersih telinga. Sedangkan untuk operasi bibir aumbing kami bekerjasama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung," ujarnya.

Selain operasi bibir sumbing, pada hari yang sama juga akan digelar kegiatan donor darah pada 12 Oktober 2018 dan 26 Oktober 2018. Diikuti kegiatan lainnya seperti sunatan massal, penyerahan bantuan sosial dan penanaman pohon.

Sigit berharap masyarakat Batam bisa segera mendaftarkan dirinya, apabila membutuhkan bantuan kesehatan atau berkeinginan untuk membersihkan telinga, melakukan operasi bibir sumbing, donor darah atau sunatan massal.

"Silahkan mendaftar di RSBP yang berlokasi di Sekupang," kata Sigit.

"Pendaftaran dibuka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 07.30-14.30 WIB. Kegiatan ini gratis, sama sekali tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum," sambungnya. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help