BPJS Kesehatan

Rujukan Online, Permudah Faskes Layani Peserta

keberadaan sistem rujukan online ini mempermudah faskes dalam memberikan informasi kepada pasien sebelum memberikan rujukan.

Rujukan Online, Permudah Faskes Layani Peserta
ist
dr Tresya, salah satu dokter di Casa Medika Bengkong 

TRIBUNBATAM.id - Per 1 Agustus 2018 semua fasilitas kesehatan tingkat pertama mitra BPJS Kesehatan yang terhubung jaringan internet diwajibkan untuk menerapkan sistem rujukan online untuk mempermudah pelayanan menjadi mudah dan cepat.

Casa Medica Bengkong sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan adalah salah satu klinik yang menerapkan sistem tersebut.

dr Tresya, salah satu dokter di Casa Medika Bengkong mengatakan bahwa keberadaan sistem rujukan online ini mempermudah faskes dalam memberikan informasi kepada pasien sebelum memberikan rujukan.

Faskes dapat memberikan informasi terkait lokasi faskes tingkat lanjut, jam pelayanan hingga jadwal praktik dokter di faskes tingkat lanjut tersebut.

“Setelah penerapan rujukan online, kami jadi mudah memberikan informasi kepada pasien, jarak tempuh rumah sakit, ketersediaan poli, dan lainnya karena semuanya ada di aplikasi”. ungkapnya

dr Tresya menjelaskan apabila di satu rumah sakit tidak tersedia poli yang dinginkan maka sistem akan memberikan warning sehingga klinik atau faskes tingkat pertama dapat merujuk pasien ke faskes tingkat lanjut yang lainnya.

Menurutnya, dibandingkan dengan rujukan manual yang sebelumnya, sistem ini memiliki banyak kelebihan. Jika dulu petugas harus mengecek secara manual, sekarang semuanya sudah muncul di sistem sehingga sangat mengemat waktu dan lebih mudah.

Sistem ini membuat komunikasi klinik dengan pasien menjadi lebih baik karena klinik mengetahui dengan jelas apa yang dibutuhkan pasien dan dapat memberikan solusi dengan mudah dan cepat.

Walaupun tergolong baru, faskes tidak bingung dan kewalahan karena pihak BPJS Kesehatan menuntun dalam penerapan sistem rujukan online ini.

Kekurangan dari sistem ini adalah tidak mengakomodir apabila ada dokter yang cuti dan digantikan oleh dokter pengganti.

Sehingga seringkali di rujukan tertulis nama dokter yang berbeda dengan dokter pengganti yang sedang praktik Tapi menurutnya ini hanya kendala teknis yang nanti di kemudian hari pasti akan diperbaiki.

Harapan kami semoga sistem yang dikelola oleh BPJS Kesehatan akan lebih berkembang. Semoga kedepannya akan semakin banyak aplikasi yang dapat mempermudah faskes dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS. 

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help