Anambas Terkini

Selama Lima Tahun, Pemkab Anambas Mengklaim Kunjungan Wisatawan Tembus 9 Ribu Orang

Balitbangpeda Anambas menargetkan kunjungan wisatawan menembus angka sembilan ribu orang selama lima tahun terhitung sejak tahun 2016

Selama Lima Tahun, Pemkab Anambas Mengklaim Kunjungan Wisatawan Tembus 9 Ribu Orang
Dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas
Wisatawan mancanegara peserta yacht rally saat mencicipi makanan tradisional khas Anambas. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Badan penelitian, pengembangan, pembangunan dan perencanaan daerah (Balitbangpeda) Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan kunjungan wisatawan menembus angka sembilan ribu orang selama lima tahun terhitung sejak tahun 2016.

Pelaksana Tugas Kepala Balitbangpeda Adies Saputra kepada sejumlah awak media mengatakan, pengembangan sejumlah destinasi pariwisata seperti destinasi wisata di Pulau Jemaja menjadi salahsatu fokus Pemerintah Daerah.

Baca: WISATA TANJUNGPINANG - Vihara Patung Seribu, Wisata Religi yang Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing

Baca: Penerbangan Langsung Batam-Dongsheng Angkut Wisatawan

Baca: Sering Dikunjungi Wisatawan, Kondisi Pelabuhan ini Memperhatikan

"Tentunya dengan dukungan sarana dan prasarana penunjang pariwisata, seperti pembangunan titik labuh, pengembangan akses bandara, termasuk sejumlah iven seni budaya, menjadi komponen penting dalam merealisasikan target itu," ujarnya saat coffe morning dengan sejumlah awak media di kantor Balitbangpeda Rabu (19/9/2018).

Bersama Kepala Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas, pihaknya mengklaim kalau Pemerintah Daerah menganggarkan alokasi dana
untuk sektor priwisata mencapai dua belas miliar rupiah setiap tahunnya. Angka ini menurutnya baru sekitar 1,45 persen dari total APBD Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Alternatif dengan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat dan bantuan dari Pemerintah Provinsi, menjadi salahsatu cara untuk menyiasati keterbatasan anggaran ini," ungkapnya.

Ia juga mengatakan kalau enam dari tujuh janji Bupati dan Wakil Bupati dalam merealisasikan kampanye pad bidang pariwisata sesuai Perda RPJMD tahun 2016. Adapun yang belum dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah menurutnya yakni pembangunan gedung pusat seni dan budaya.

Masykur Kepala Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anmbas mengatakan, pengembangan pada sektor pariwisata tidak hanya menunggu campur tangan pemerintah. Ia mencontohkan iven pariwisata yang melibatkan sektor swasta di dalamnya.

"Peran serta semua pihak perlu dan sangat dibutuhkan di sini. Tidak bisa hanya mengandalkan seratus persen dari Pemerintah saja," ungkapnya seraya mengatakan kalau transportasi menjdi hal penting lainya dalam memajukan sektor pariwisata.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help