BATAM TERKINI

HR Expo Kepri, Tingkatkan Daya Saing Lewat Pelatihan Tenaga Kerja

IPSM mengadakan kegiatan HR Expo Kepri dan Sosialisasi Gerakan Nasional Indonesia Kompeten.

HR Expo Kepri, Tingkatkan Daya Saing Lewat Pelatihan Tenaga Kerja
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap daya saing calon tenaga kerja, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) mengadakan kegiatan HR Expo Kepri dan Sosialisasi Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNK).

Adapun tujuan HR Expo ini, melihat suatu tantangan ke depan banyak pekerjaan-pekerjaan yang digantikan oleh mesin, pasti membutuhkan keahlian potensi baru.

Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Harmoni One Lantai 3 Ruangan Beijing. 

Dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Batam, Zarefriadi, Direktorat Jenderal Pembinaal Pelatihan dan Produktivitas, yang diwakili oleh Bina Pemagangan, Asep Gunawan, Ketua Umum IPSM Kepri, Baru Rochim.

Baca: Menpan RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Batam

Baca: KPU Batam : Parpol Sebaiknya Lakukan Deklarasi Kampanye Damai

Baca: Aliran Air Tak Beraturan, Warga Minta Semua Air Dialirkan ke Laut. Ini Jawab Pengembang

"Dengan private seperti ini mampu mempercepat potensi anak bangsa. Kenapa harus dipercepat, karena Indonesia ini sedang mendapat bonus demografi. Di mana jumlahnya hampir 65 persen anak-anak muda. Kalau tidak dikelola dengan baik maka bonus ini akan menjadi masalah," ujar Bina Pemagangan, Asep Gunawan, Kamis (20/9/2018).

Sementara, kata Asep, di berbagai negara bonus-bonus tersebut sudah berakhir. Seperti di Jepang, tinggal orang tua yang banyak ketimbang anak mudanya. Oleh karena itu, populasi akan cepat musnah. Ini bisa jadi peluang bagi Indonesia.

"Indonesia rendah daya saingnya. Itu sebabkan kita tingkatkan daya saingnya. Kalau tidak dikelola dengan baik maka ketahanan ekonominya bakal rapuh. Oleh karena itu kita mencoba memberikan pelatihan seperti ini kepada anak-anak muda. Salah satunya skema pemagangan ini," tuturnya.

Ia menambahkan pemerintah harus hadir dalam acara ini. Kegiatan ini adalah roadshow ke empat, setelah Solo, Cikarang, dan Jawa Timur.

"Antusias warga Batam luar biasa perhatiannya. Bayangin aja sambil kerja mempersiapkan ini," katanya. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi Jumat 21 September 2018

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help